Return to site

3 Strategi Untuk Meningkatkan Retensi Dan Loyalitas Pelanggan

· Business Blog

Saat ini, pelanggan berharap untuk didengarkan, waktu mereka untuk dihormati dan juga berharap uang yang mereka keluarkan untuk membeli produk juga dihargai. Ini berarti tim marketing, tim sales dan layanan pelanggan Anda perlu melakukan segala upaya mereka untuk menciptakan pengalaman luar biasa yang membuat orang tidak pernah ingin pergi. Pada artikel kami kali ini, kami akan memberikan beberapa strategi retensi pelanggan yang dapat Anda terapkan untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan Anda dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

1. Berhenti menjual produk, tingkatkan edukasi untuk pelanggan Anda

Apa yang Anda lakukan saat pertama kali saat Anda mendapatkan pelanggan baru? Apakah Anda merayakan penjualan dan mencari peluang upselling, atau apakah Anda mencoba menciptakan pengalaman yang luar biasa untuk pelanggan tersebut? Dalam beberapa kasus, terlalu banyak penekanan yang ditempatkan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dengan cepat ketika mendapatkan penjualan atau menghasilkan akun baru. Kebanyak dari mereka tidak cukup memperhatikan pentingnya penekanan yang ditempatkan pada upaya untuk mendidik pelanggan tentang suatu produk, apa yang dapat mereka harapkan, bagaimana mengatasi masalah dan sebagainya. Namun dengan pendekatan yang tepat, Anda benar-benar dapat membuat pelanggan merasa senang dengan pembelian mereka dan menciptakan pengalaman orientasi yang luar biasa.

2. Beri pelanggan cara yang konsisten untuk memberikan umpan balik — kemudian belajar dari apa yang mereka katakan

Seberapa sering Anda mengumpulkan umpan balik dari pelanggan Anda? Dalam beberapa kasus yang relevan, bekerja dengan pelanggan di semua industri yang berbeda selama bertahun-tahun, hanya segelintir dari sales yang memiliki umpan balik dari pelanggan yang mapan. Dari mereka yang sering mendapatkan umpan balik dari pelanggan, mereka dapat berkembang dengan baik, karena pada dasarnya pelanggan menjadi lebih puas terhadap produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan. Imbal baliknya adalah, loyalitas yang diberikan oleh pelanggan tersebut.

3. Memberi kejutan kepada pelanggan, meskipun hanya sebatas kejutan kecil

Semua orang menyukai kejutan yang bagus dan ini tidak berbeda jika Anda adalah pelanggan suatu merek. Pikirkan pelanggan Anda sebagai teman terdekat Anda: Bagaimana Anda memperlakukan mereka dan menunjukkan penghargaan Anda kepada mereka? Jika Anda hanya mencoba untuk meningkatkan penjualan, mendapatkan lebih banyak uang dari pelanggan, memberikan kejutan seperti ini dapat menjadi nilai lebih di sisi pelanggan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK