Return to site

6 Tips Dalam Meningkatkan Kinerja Penjualan Anda

· Tips Sales

Menjalani profesi sebagai sales harus bisa bergerak lebih cepat dari hari ke hari. Karena, jika Anda bergerak terlalu lambat, maka pesaing Anda dapat mengambil alih semua prospek yang Anda miliki, bahkan mereka yang sudah menjadi pelanggan Anda. Hal ini pun tidak terbatas pada bisnis yang Anda jalankan. Apa pun industri yang Anda geluti, apa yang berhasil dengan baik beberapa tahun lalu tidaklah menjamin akan menjadi cukup baik untuk saat ini. Ini bukan waktunya untuk mencoba-coba, inilah saatnya untuk menjual. Berikut adalah beberapa langkah dasar yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kinerja penjualan, mengurangi biaya penjualan dan memastikan kelangsungan hidup bisnis Anda.

1. Perjelas misi Anda

Mulailah dengan memahami bisnis Anda. Apa yang paling bisa dilakukan oleh bisnis dan produk Anda? Siapa yang membutuhkan layanan dan produk Anda? Bagaimana cara terbaik Anda mendekati prospek ini? Berapa yang bersedia mereka bayarkan? Jika pertanyaan-pertanyaan ini tidak dapat dijawab dengan mudah, kampanyekan di atas untuk kejelasan dan visi.

2. Pecah misi menjadi tujuan tertentu

Tuliskan tujuan aktivitas (panggilan per hari, proposal per bulan, rujukan per panggilan, dan sebagainya yang relevan) yang dapat Anda lakukan. Tetapkan sasaran hasil (penjualan per bulan, jumlah per penjualan, laba per penjualan, dan seterusnya.) Untuk mengukur kemajuan Anda,maka Anda perlu memantaunya dengan cermat. Tingkatkan aktivitas Anda dan ukur hasilnya. Tujuan memfokuskan perhatian Anda dan memberi energi pada tindakan Anda. Sistem CRM merupakan salah satu sistem yang dapat Anda jadikan pilihan untuk mencapai hal tersebut.

3. Jual untuk kebutuhan pelanggan

Selalu berasumsi bahwa prospek hanya akan membeli apa yang mereka butuhkan. Bagaimana Anda bisa meyakinkan mereka tentang kebutuhan itu? Tekankan fitur produk atau layanan Anda memecahkan masalah bagi pelanggan. Terkadang Anda dapat mengubah posisi produk dan layanan Anda. Misalnya, Anda menjual seragam wol karena tampilan dan nuansanya, selanjutnya Anda perlu menekankan daya tahan wol dan nilai tahan lama. Jadilah kreatif dalam penjualan dan pemasaran untuk menemukan hal tersebut.

4. Ciptakan dan pertahankan perhatian yang baik

Pemasaran yang efektif, keterampilan penjualan yang kuat dan pertanyaan strategis adalah kunci untuk menciptakan perhatian yang menguntungkan. Tindak lanjut yang rajin dan layanan pelanggan yang maksimal adalah kunci untuk mempertahankannya.

5. Bertanya, mendengarkan, dan bertindak

Lebih baik dari yang lain, ketiga kata ini merangkum kesuksesan dalam penjualan. Pertanyaan Anda harus kreatif, terencana dan relevan. Keterampilan mendengarkan Anda harus dikembangkan. Anda harus menanggapi dan mengambil tindakan yang membuktikan bahwa Anda mendengarkan pelanggan dan menginginkan penjualan.

6. Bertanggung jawab tapi bukan untuk mencari pujian

Sadarilah bahwa Anda adalah yang bertanggung jawab atas produk dan tim Anda. Perusahaan mencari arahan dan mendukung upaya Anda. Untuk membangun tim pendukung yang kuat yang bersedia bekerja ekstra saat Anda membutuhkannya, berikan tim Anda penghargaan atas segala hal yang berjalan dengan benar dan mengajarkan mereka tentang cara bertanggung jawab atas setiap kesalahan. Begitu pula dalam lingkup pelanggan tidak ada yang berbeda.  Utamakan tanggung jawab Anda dalam memberikan produk dan layanan yang baik bukan untuk mencari pujian mereka. Biarkan mereka memuji Anda karena Anda bertanggung jawab dan berkomitmen dengan apa yang semua Anda katakan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK