Return to site

3 Strategi Yang Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Tingkatkan pertumbuhan bisnis dengan strategi yang tepat sasaran

· Tips Sales,Sales Strategy

Pertumbuhan bisnis yang baik tentu menjadi harapan semua pelaku bisnis dan juga merupakan salah satu tanggung jawab dari tim sales serta tim marketing. Pertumbuhan bisnis tidak hanya didukung oleh berapa banyak budget yang digunakan untuk pemasaran dan berapa banyak produk yang ditawarkan. Tetapi, pertumbuhan bisnis akan jauh lebih maksimal apabila perusahaan menjalankan strategi-strategi yang memang sengaja difokuskan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Berikut adalah strategi-strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk meningkatkan potensi pertumbuhan bisnis dengan baik.

1. Selalu menguji ide-ide baru

Pertumbuhan didapatkan karena keberhasilan perusahaan dalam menghentikan penurunan. Ini terjadi karena perusahaan dan tim sales sukses menjalankan strategi-strategi yang kreatif dengan ide-ide yang cemerlang. Jika saat ini Anda belum berhasil meningkatkan pertumbuhan, cobalah untuk mulai menjalankan strategi-strategi dan ide-ide baru dengan berbagai macam pengujian. Tapi ingat, jangan memaksa untuk menguji strategi terlalu cepat. Karena tidak ada hasil pencapaian cepat untuk mengetahui keberhasilan dan efektivitas dari strategi yang Anda jalankan.

2. Hindari ketidakpuasan dan kesenjangan pelanggan

Anggap saja Anda memiliki dua pelanggan, dalam hal ini kami sebut Pelanggan A & Pelanggan B, mereka saling mengenal dengan pembelian yang tidak jauh berbeda. Pelanggan A merupakan pelanggan yang  loyal, begitu juga pelanggan B. Tetapi, pelayanan yang Anda berikan pada kedua pelanggan ini berbeda. Hal ini sangat jelas dapat membuat salah satu pelanggan mulai merasa dibedakan. Adanya kesenjangan seperti ini tentu akan membuat satu dari mereka akan kecewa. Kekecewaan dari salah satu pelanggan ini akan menyebar dengan cepat jika Anda tidak mengambil tindakan dengan baik.

Cara terbaik untuk menghindari kejadian ini adalah dengan menyetarakan pelanggan. Semua pelanggan perlu mendapatkan pelayanan yang sama. Jangan membedakan dari jumlah penjualan saja. Tetapi nilailah dari seberapa peduli mereka terhadap produk yang Anda tawarkan. Ketika Anda berhasil menghilangkan perbedaan dan ketidakpuasan dari pelanggan, Anda pun akan memiliki jumlah pelanggan loyal yang tidak akan pernah berkurang. Sedangkan dari potensi penjualan dan pelanggan baru pun akan jauh lebih meningkat.

3. Proses yang tidak berbelit

Tidak ada pelanggan maupun prospek yang menyukai perusahaan yang berbelit-belit dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Mudahkan semua proses yang berkaitan dengan pelanggan-pelanggan Anda. Baik itu pelayanan penjualan, pelayanan komplain dan penanganan ketika terjadi masalah serius yang dihadapi oleh pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly