Return to site

Manfaat Marketing Automation Untuk Tim Marketing

Tools yang dapat meringankan tugas tim marketing

· Tips Marketing

Marketing automation (MA) merupakan platform yang membantu tim marketing memasarkan produk dengan cara yang lebih efektif.  Platform ini juga menjadi salah satu bagian dari aplikasi CRM (Customer Relationship Management) untuk memudahkan marketer dalam menciptakan perencanaan, koordinasi, mengelola dan memastikan efektivitas dari aktivitas pemasaran digital.

Marketing automation bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dalam bisnis selayaknya bagaimana Anda meningkatkan efisiensi dalam proses penjualan dengan menjaga hubungan. Ada pun manfaat-manfaat lainnya yang didapatkan oleh tim marketing dengan implementasi aplikasi CRM adalah sebagai berikut:

1. Mempertemukan pada pelanggan yang potensial

Dengan kemampuan mempromosikan bisnis melalui berbagai platform/channel, MA akan membantu tim marketing menemukan lead dalam jangkauan yang lebih luas. Dari semua lead tersebut, tentu Anda juga akan menemukan lead yang memiliki potensi besar untuk bisnis Anda.

2. Meningkatkan hubungan dengan prospek dan pelanggan

Seperti yang kami sebutkan, MA merupakan bagian dari CRM yang akan membantu perusahaan lebih terhubung dengan pelanggan-pelanggannya. Sebagai contoh, ketika Anda menjalankan strategi marketing menggunakan platform yang dapat diintegrasikan dengan MA seperti SMS/Messenger/Socmed, pelanggan akan lebih mudah untuk mengingat perusahaan. Tak hanya itu saja, setiap notifikasi yang dihasilkan dari berbagai media tersebut juga akan muncul pada MA yang Anda gunakan. Hal ini tentu akan sangat menghemat waktu tim marketing dalam melihat respon-respon dari pelanggan/prospek yang didapatkan.

3. Retensi pelanggan lama

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh marketer, mereka lupa untuk menjangkau pelanggan-pelanggan lama yang masih memiliki peluang besar untuk melakukan pembelian ulang. Kehadian MA menghapuskan kesalahan tersebut. Artinya, tim marketing memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menjangkau pelanggan-pelanggan lama agar melakukan pembelian ulang.

Itulah beberapa manfaat dari MA yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memperbaiki metode pemasaran dan mempertemukan Anda dengan pelanggan yang potensial dengan hubungan yang baik pula dengan mereka. Jika Anda ingin mendapatkan tips-tips pemasaran, penjualan dan CRM, Anda dapat berlangganan newsletter dari kami dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini. gratis!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly