Return to site

3 Tips Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Platform CRM

· Tips Bisnis,CRM Software

Platform CRM (Customer Relationship Management) adalah bagian fundamental dari bisnis apa pun, dengan menggunakan platform ini akan memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan menganalisis data pelanggan mereka dengan cara yang mudah diakses.

Setiap interaksi dengan pelanggan disimpan di tempat terpusat, memungkinkan tampilan penuh pengalaman mereka dari awal melakukan pemesanan hingga hari ini. Berbagai pemangku kepentingan memiliki akses ke data ini yang mendorong berbagi informasi, menghilangkan silo dan komunikasi antar departemen. Menggunakan platform apa pun semuanya baik-baik saja. Yang paling penting adalah mengetahui bagaimana memanfaatkan dan memaksimalkan potensinya (atau mengadopsinya) karena dalam aplikasinya, penggunaan platform CRM dapat menimbulkan berbagai tantangan. Di sini kami akan membagikan beberapa tips terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari platform CRM Anda untuk membantu meningkatkan kesuksesan penjualan Anda.

1. Atur data dengan jelas

Bisnis apa pun akan mengumpulkan data tentang pelanggan mereka setiap hari, dan jika ini tidak diatur dengan jelas dan ringkas, hal ini dapat membingungkan siapa pun yang mencoba memahami informasi tersebut. Jika Anda melihatnya dengan cara lain, data yang Anda miliki tentang pelanggan Anda adalah bagian penting dari siklus penjualan. Informasi yang salah dapat menyebabkan gangguan komunikasi atau hilangnya penjualan. Namun, jika CRM Anda diatur dengan baik, ini bisa memberi Anda keunggulan kompetitif. Kebaanyakan pelaku bisnis yang menggunakan platform CRM setuju dengan platform dan menyebutkan bahwa data mereka sebagai aset strategis. Untuk memaksimalkan potensi ini, jaga agar data Anda tetap dalam kondisi baik dan terkelola dengan baik. Sistem CRM menjadi solusi untuk mewujudkan agar data Anda tersebut dalam kondisi yang baik dan mudah untuk diorganisir.

2. Investasikan dalam orientasi dan pelatihan yang tepat

Memastikan bahwa tim Anda memahami platform dan dapat menggunakannya secara efektif adalah bagian penting untuk memastikan mereka terlibat dengan platform CRM Anda. Ini membutuhkan proses orientasi yang lengkap dan efektif yang menunjukkan kepada mereka semua fungsi dan fitur yang relevan bagi mereka dan bagaimana agar platform ini dapat menguntungkan bagi pekerjaaan mereka sehari-hari. Cobalah memulainya dengan platform yang lebih sederhana yang akan dihadapi pemula baru dalam menggunakan CRM (belum pernah menggunakan CRM sama sekali dalam karirnya) untuk mengurangi kesalahan mereka dalam menggunakan platform. Ini juga dapat membantu memastikan proses orientasi yang lancar di mana tim dapat mendapatkan hasil maksimal dari pelatihan mereka.

Pelatihan tidak harus diselesaikan dalam satu kali, yang paling penting adalah pemahaman yang dapat Anda berikan kepada tim mengenai platform CRM.

3. Penggunaan data untuk analitik tim

CRM bukan hanya cara untuk menyimpan data Anda secara terpusat. Ini memberikan lebih banyak hal untuk membantu bisnis Anda termasuk analitik dan pemahaman akan tren ke dalam perilaku dan pola pembelian pelanggan Anda. Menganalisis data juga akan membantu mengidentifikasi di mana kesalahan yang telah dibuat oleh perusahaan dan tim di seluruh departemen yang terhubung dengan pelanggan dan menawarkan wawasan tentang cara terbaik untuk memperbaikinya, serta apa yang mungkin kurang.

Penggunaan platform CRM juga dapat membantu dalam menganalisis tren tentang bagaimana tim Anda berinteraksi dengan platform dan pelanggan. Ini akan menyoroti fitur mana yang kurang digunakan atau menyebabkan gesekan pada tim Anda. Dengan menggunakan tren ini, Anda dapat menargetkan operasi penjualan dan kampanye pemasaran dengan lebih baik dan memahami area mana yang dapat memperoleh manfaat dari pengoptimalan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com