Return to site

Definisi CRM & Manfaatnya Untuk Bisnis

· CRM Software,Tips Bisnis

Istilah Customer Relationship Management( atau yang lebih dikenal dengan CRM) sangat populer dalam bisnis. CRM, meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan dengan memungkinkan Anda untuk mengelola interaksi langsung dengan lebih baik, dari penjualan hingga layanan pelanggan dan pemasaran. CRM juga membantu meningkatkan keuntungan dan dapat menentukan profitabilitas, loyalitas, dan kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.

Mendefinisikan Manajemen Hubungan Pelanggan

Secara sederhana, CRM adalah pendekatan strategis yang memungkinkan Anda mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan dan semua data yang terkait dengannya. Seiring berjalannya waktu, dan seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda, aliran data dari berbagai sumber, seperti penjualan, dukungan pelanggan, atau pemantauan media sosial, tumbuh semakin meningkat yang akan membuat data Anda menjadi lebih kompleks dan sulit untuk dianalisa dengan metode tradisional. Aplikasi CRM memungkinkan Anda untuk mengelola data tersebut dengan lebih baik, menggunakannya untuk menganalisis dan memperkirakan tren dan perilaku pelanggan, dan menanamkannya dalam strategi bisnis masa depan Anda. Hasilnya, CRM menawarkan gambaran umum tentang pelanggan dan bisnis Anda dalam kaitannya dengan tujuan bisnis, profitabilitas, dan penjualan. Lebih penting lagi, CRM memberdayakan Anda untuk membangun pengalaman pelanggan yang positif berdasarkan informasi relevan dan real-time yang penting bagi bisnis Anda.

Manajemen hubungan pelanggan adalah proses yang dilaksanakan dengan bantuan sistem CRM. Sistem CRM adalah alat berbasis cloud yang dirancang untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data dengan tujuan mengubahnya menjadi informasi bisnis yang berguna dalam pengambilan keputusan, membuat perubahan, dan meningkatkan kinerja. Aplikasi CRM, secara tradisional, telah digunakan sebagai alat penjualan dan pemasaran. Namun, saat bisnis mengalihkan fokus mereka ke pengalaman pelanggan dan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan perusahaan dalam beberapa titik kontak di berbagai saluran.

Pada istilah sederhana, Mengapa Customer Relationship Management (CRM) penting karena pelanggan penting. Penelitian menunjukkan, bahwa pengalaman pelanggan yang lebih baik mendorong pertumbuhan dengan meningkatkan loyalitas. Jadi, jika Anda bingin menjalankan bisnis untuk jangka panjang, Anda tidak dapat mengabaikan hubungan dengan pelanggan. Dengan mengingat hal ini, mari kita lihat lebih dekat apa yang dapat dilakukan CRM untuk bisnis Anda:

1. Mengatur dan analisis data dengan cara yang dipahami dan mudah diakses

CRM memungkinkan pengambilan keputusan berdasarkan data. Keputusan yang diinformasikan adalah hasil dari memahami informasi yang Anda miliki sejak awal. CRM memungkinkan Anda mengakses titik data dalam format yang mudah dipahami dan dianalisa baik untuk forecast maupun untuk mengoreksi potensi kesalahan yang dibuat oleh perusahaan.

2. Antisipasi kebutuhan pelanggan

Dengan CRM, Anda mendapatkan akses cepat ke data seperti informasi kontak, riwayat pembelian, riwayat kontak layanan pelanggan, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda dapat memasukkan data masukan dari pelanggan ke dalam CRM untuk meningkatkan pemahaman tentang basis pelanggan Anda. Informasi ini penting karena untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan Anda dan membuat pelanggan Anda lebih puas dengan layanan Anda

3. Meningkatkan produk dan layanan

Mengumpulkan data umpan balik pelanggan dan mengintegrasikannya ke dalam CRM memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang harapan pelanggan dalam kaitannya dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Wawasan ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah dan meningkatkan penawaran Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Selain tiga poin yang telah kami sebutkan di atas, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari implementasi CRM. Jika Anda ingin mengenal CRM dan bagaimana sistem CRM dari Sales1 bekerja untuk Anda, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com