Return to site

3 Tips Untuk Manajemen Penjualan

Tips untuk memperbaiki manajemen dalam penjualan

· Leadership

Penjualan, retensi, kualifikasi merupakan bagian dari manajemen-manajemen dalam penjualan yang pastinya akan menjadi fokus utama semua salesperson maupun sales leader dan owner. Namun, tak banyak dari mereka yang melupakan bahwa manajemen penjualan itu juga berawal dari bagaimana sumber daya yang dikembangkan oleh perusahaan. Sales leader dan owner hanya ingin menciptakan penjualan secara terus menerus. Namun, di sisi lain, salesperson berkerja terlalu berat namun tidak efektif. Ini merupakan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan. Karena, mereka ingin menghasilkan banyak penjualan, namun tenaga yang dimiliki diabaikan. Apakah Anda salah satu bagian dari mereka yang mengabaikan tim sales tersebut?

 

Berikut adalah manajemen yang perlu Anda lakukan jika memang menginginkan perubahan dalam setiap proses penjualan yang Anda lakukan. Dengan menjalankan beberapa tips ini pula, Anda dapat menghindari kebiasaan Anda yang mengabaikan tim sebagai bagian dalam manajemen penjualan yang harus benar-benar dilibatkan. Apa saja yang harus dilakukan oleh Anda sebagai leader dan owner? Ini daftarnya untuk Anda!

 

1. Tentukan praktik terbaik pada proses penjualan Anda

Ajak tim Anda untuk mempraktikan proses penjualan yang jelas dengan berdasarkan kemampuan dan keahlian tim Anda. Berikan mereka beberapa arahan dan larangan yang harus tim Anda ikuti. Seperti saat kualifikasi, saat presentasi dan lain sebagainya. Mengidentifikasi teknik-teknik yang berfungsi dengan baik dalam siklus/proses penjualan yang kemudian diperbaiki dan dikembangkan untuk dijadikan sistem penjualan yang solid. Kemudian, jadikan sistem tersebut sebagai bagian dari kebijakan penjualan mulai dari tahapan pertama hingga akhir atau closing.

 

2. Memantau penggunaan sistem perusahaan

Setiap perencanaan dan sistem yang diberikan oleh perusahaan, terkadang tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Apakah ini terjadi bukan karena tim Anda tidak bekerja dengan baik atau memang karena mereka tidak mengikuti perintah? Semua ini harus bisa Anda identifikasi dengan benar. Mencari penyebab dan juga melakukan perubahan secara berulang-ulang jika ada yang salah pada sistem serta menuntun tim untuk mengikuti dengan tepat jika memang mereka salah. Ini merupakan bagian penting dalam proses untuk menghasilkan penjualan yang maksimal di masa depan.

 

3. Mengajarkan tim untuk disiplin

Anda memang bisa melakukan apapun sendiri, tim Anda pun juga bisa melakukan hal yang sama. Tetapi, apakah itu akan tepat waktu? Itu yang harus Anda perhatikan. Kunci kesuksesan adalah disiplin, jika tim Anda dan Anda sendiri sebagai leader maupun owner tidak disiplin, maka sistem sebaik apapun yang sudah Anda bangun untuk menunjang penjualan tidak akan pernah berhasil.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK