Return to site

4 Akar Masalah Kegagalan Penjualan

· Tips Sales

Dalam mencari akar masalah kegagalan penjualan, Anda perlu mencatat semua proses. Implementasi sistem CRM dapat menjadi salah satu alat yang akan membantu Anda untuk mengetahui dan menemukan penyebab dari kegagalan penjualan yang Anda hadapi. Jika, perusahaan Anda masih belum menggunakan sistem CRM, maka penggunaan metode tradisional mau tidak mau harus Anda lakukan. Contoh mencatat pada buku/note atau dengan menggunakan spreadsheet. Jika sebelumnya Anda masih belum menggunakan sistem CRM maupun yang tradisional sebelumnya, Anda perlu melakukan beberapa hal ini untuk melakukan analisa supaya dapat menemukan akar masalah kegagalan penjualan yang Anda alami.

1. Metode pendekatan yang sudah jadul

Metode pendekatan yang Anda gunakan pada masa lalu tentunya tidak akan sesuai lagi dengan apa yang harus Anda lakukan saat ini. Proses untuk mencapai penjualan harus Anda lakukan dengan metode pendekatan yang memang sudah umum untuk Anda lakukan saat ini. Dalam artian, tren pendekatan yang dilakukan oleh mayoritas salesperson sudah berubah dan Anda perlu memperbarui teknik pendekatan Anda.

2. Kurang sesuai dengan yang diharapkan

Dalam hal ini, salesperson tidak melakukan kesalahan apa pun, tetapi dari pihak prospek yang tidak menyetujui untuk melakukan pembelian atau dalam arti prospek merasa produk Anda kurang sesuai. Ini bukan karena produk dan layanan Anda tidak bagus, melainkan prospek tidak memiliki budget untuk membeli atau menggunakan produk/layanan yang Anda tawarkan.

3. Ekseskusi yang jelek

Eksekusi dalam penjualan dapat dilakukan apabila Anda melakukan eksekusi yang baik. Contoh, Anda tidak menunda-nunda untuk mencari tahu apakah prospek ini berkualitas atau bukan. Anda tidak menunda-nunda agar segera mendapatkan komitmen. Semua ini membutuhkan eksekusi yang tepat waktu agar Anda tidak salah dalam melayani prospek. Semakin cepat Anda dalam mengambil tindakan, tentunya akan menghemat waktu Anda.

4. Gagal memimpin proses

Anda terlalu mengikuti kemauan prospek, ketika Anda sudah merasa proses terlalu lama Anda pun tidak memiliki kekuatan untuk menolak karena untuk tetap membuka peluang. Namun, kembali pada masalah eksekusi yang salah, maka prospek hanya melakukan pencarian informasi dan Anda telah salah dalam melayani prospek ini. Atau, prospek selalu menawar produk dengan harga yang terlalu rendah dan di bawah standar bawah perusahaan.

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK