Return to site

Tantangan Dalam Penjualan Bukan Untuk Dihindari!

· Tips Sales

Anda pasti jenuh dengan apa yang Anda hadapi ketika penjualan mengalami penurunan. Kehilangan semangat kerja juga akan Anda alami ketika berada pada kondisi sulit yang Anda hadapi tersebut. Tetapi, setiap apa yang kita kerjakan tidak lepas dari sebuah tantangan dan akan selalu ada. Ketika tantangan datang kepada Anda itu menandakan bahwa ada kesempatan bagi Anda untuk menjadi salesperson yang lebih baik daripada sebelumnya. Sebagaimana yang juga dihadapi oleh salesperson profesional yang menjadi inspirasi Anda, mereka juga pasti akan mengalami tantangan yang sama dengan Anda atau bahkan tantangan mereka jauh lebih berat jika dibandingkan yang Anda hadapi saat ini.

Tantangan dalam penjualan bukan untuk Anda hindari, karena pada dasarnya tantangan yang dapat Anda hadapi dengan baik akan memberikan nilai lebih untuk karir dan perusahaan. Dari segi karir, Anda mampu meningkatkan level kemampuan menjual dari yang awalnya hanya berhenti di satu titik, kini Anda sudah berada satu langkah lebih maju dari titik sebelumnya. Ini akan terus terjadi secara terus menerus selama Anda masih berstatus sebagai sales.

Menghindari tantangan bukan jawaban. Ketika Anda menghindari tantangan, kesempatan Anda untuk meningkatkan kapabilitas Anda sebagai sales hilang begitu saja. Dari sisi karir pun Anda tentu akan mengalami kesulitan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi di perusahaan tempat Anda bekerja. Karena, perusahaan akan memilih mereka yang terbaik yang siap menghadapi tantangan bukan mereka yang hanya menerima apa yang mereka kuasai saja dan enggan mencari hal baru dalam hidupnya.

Kemampuan Anda dalam menghadapi tantangan juga akan membantu perusahaan menemukan kelemahan yang perlu diselesaikan. Ketika Anda tidak dapat menjual atau kesulitan mencapai penjualan, maka perusahaan akan mencarikan solusi untuk Anda. Solusi ini bukan hanya sebatas pemberian insentif lebih jika Anda berhasil menjual, tetapi solusi yang paling berharga adalah bantuan dari sales leader untuk membuat strategi penjualan yang lebih efektif.

Ketika leader dan pemangku jabatan tinggi diperusahaan ikut turun tangan menghadapi tantangan yang Anda hadapi, maka ada ilmu baru yang akan Anda dapatkan. Sedangkan jika Anda melimpahkan tantangan penjualan dihadapan Anda kepada rekan, maka kesempatan tersebut akan dirasakan oleh rekan Anda. Bukankah kejadian seperti ini akan membuat Anda rugi dua kali? Jadi, jangan takut menghadapi tantangan berat, tetapi berterima kasihlah dengan kehadiran tangangan dalam perjalanan karir Anda sebagai sales.

Ilustrasi (c) Unsplash.com