Return to site

4 Alasan Mengapa Diskon Yang Anda Tawarkan Tidak Menarik Pelanggan

· Sales

Mulai dari awal, pertengahan hingga akhir tahun, banyak perusahaan yang mulai menjalankan strategi penjualan dengan memberikan diskon. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan memberikan diskon yang sangat besar ada yang 50% - 70% untuk promosi tertentu. Memang, cara ini sudah menjadi hal yang sangat umum. Tapi, tahukan Anda, bahwa pemberian diskon kepada pelanggan tidaklah sepenuhnya berhasil.

Alasan kegagalan dari program promosi ini adalah prospek dan pelanggan Anda merasa tidak terburu-buru untuk mendapatkan produk agar bisa mendapatkan diskon. Yang tidak diketahui perusahaan adalah, diskon tidak memotivasi mereka sejak awal. Mereka didorong oleh sesuatu yang lain, beberapa hasil yang lebih baik, atau beberapa masalah yang harus diatasi. Tetapi jika mereka tetap akan membeli, mengapa mereka tidak memanfaatkan diskon yang Anda tawarkan kepada mereka? Ini adalah alasan mengapa diskon yang Anda tawarkan gagal menarik minat pelanggan dan prospek.

1. Tidak ada pengambil keputusan

Salah satu alasan diskon Anda tidak berfungsi adalah karena kontak yang bekerja dengan Anda belum membangun konsensus seputar solusi atau keputusan untuk berubah. Tidak peduli seberapa besar diskonnya, itu tidak akan cukup untuk memaksa kontak Anda bergerak maju tanpa dukungan tim mereka. Anda juga mempersulit mereka untuk mendapatkan konsensus ketika banyak pemangku kepentingan yang Anda butuhkan mengambil cuti selama liburan.

2. Kendala waktu

Tidak ada diskon yang dapat Anda tawarkan yang memberi prospek/pelanggan ideal Anda waktu yang mereka butuhkan, kurangnya waktu inilah yang menjadi alasan mereka tidak bergerak untuk melakukan pembelian. Semakin sedikit waktu yang dimiliki pelanggan Anda untuk menyelesaikan pembelian, membuat Anda kehilangan waktu mereka, dan membuat Anda lebih sulit untuk mencapai hasil promosi dari diskon yang Anda berikan dengan maksimal..

3. Prioritas lain

Prospek Anda memiliki proyek dan inisiatif mereka sendiri yang harus mereka selesaikan. Prioritas mereka akan didahulukan sebelum prioritas Anda, kecuali Anda dapat menjadikan prioritas Anda sebagai prioritas mereka. Mendapatkan diskon sering kali tidak melebihi prioritas mereka yang lebih luas. Anda berharap bahwa inisiatif Anda adalah sesuatu yang mereka butuhkan untuk memulai, tetapi jika itu menarik, Anda tidak perlu diskon pun mereka akan melakukan pembelian.

4. Mereka yakin akan tetap mendapatkan diskon

Beberapa persentase dari kontak yang Anda hubungi percaya bahwa Anda akan tetap memberi mereka diskon, bahkan jika mereka harus menunggu sampai, katakanlah, akhir Maret dan penutupan kuartal Anda untuk Anda setuju dengan apa yang Anda tawarkan di bulan Desember.