Return to site

4 Alasan Mengapa Marketing Anda Gagal

Penyebab gagalnya kampanye

· Tips Marketing

Kita semua tahu bahwa marketing merupakan proses awal untuk menciptakan penjualan. Bahkan marketing menjadi penentu apakah perusahaan bisa membukukan penjualan tinggi atau tidak. Ketika marketing berhasil penjualan tinggi dapat dengan mudah di dapat, tetapi ketika marketing gagal, bukan keuntungan yang di dapat, tetapi perusahaan seperti menjadikan marketing sebagai ajang “membuang uang”.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa faktor yang membuat marketing Anda gagal, diantaranya adalah:

1. Anda memasarkan produk berdasarkan asumsi pribadi

Sebagian besar perusahaan merancang strategi pemasaran berdasarkan asumsi yang sudah ada sebelumnya. Meski sebagian didasarkan pada data, mereka menjadikan asumsi sebagai poin yang paling utama. Memang, asumsi tidak selalu berakibat buruk, tetapi asumsi yang Anda berikan untuk marketing, nilai keakuratannya perlu dipertanyakan.

2. Marketing tanpa proses pengujian dan perubahan

Marketing yang efektif bukan hanya tentang strategi terbaik tetapi juga melalui proses pengujian dan membuat perubahan atas marketing yang gagal sebelumnya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tidak ada marketer yang berhasil menyusun gagasan-gagasan kampanye dan dapat mengeksekusi dengan hasil yang sempurna. Oleh karena itu, lakukan marketing dengan pengujian A/B Testing dan bereksperimen dengan arahan-arahan baru sampai akhirnya dapat membentuk kampanye yang berhasil.

3. Tidak memiliki data atau memiliki data tapi tidak melakukan pengujian

Sebelum memasarkan produk dan bereksperimen, untuk memastikan strategi kampanye efektif atau tidak, Anda harus menggunakan data. Jika Anda tidak memiliki data atau tidak menggunakan data untuk kebutuhan marketing maka Anda bekerja selayaknya seorang marketer tanpa pengalaman, kurang ahli dan bekerja seperti seorang marketer yang kehilangan arah.

4. Tidak mengenal tempat untuk marketing

Kegagalan dalam marketing kebanyakan terjadi karena marketer tidak memahami tempat yang baik untuk melakukan pemasaran. Contohnya, memasarkan di social media tetapi pada tempat yang salah atau tidak menargetkan audiens dengan baik. Oleh karena itu, pahami tempat terbaik untuk memasarkan produk Anda sebelum memulai kampanye. Anda juga harus bisa menentukan berapa lama iklan Anda tayang untuk melihat efektivitas dari iklan Anda tersebut.

Itulah penyebab atau alasan mengapa marketing Anda gagal. Jika Anda ingin sukses dalam marketing hindari kesalahan-kesalahan dari poin-poin yang telah kami sebutkan. Ikuti terus blog kami untuk mendapatkan tips sales, tips marketing dan manfaat CRM. Caranya dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixnio.com