Return to site

4 Alasan Mengapa Sales Membutuhkan CRM

· CRM Indonesia

Ketika semua orang di tim penjualan atau tim sales menggunakan CRM, pekerjaan manajer penjualan dapat dibuat lebih mudah, tetapi apa untungnya bagi tim sales? Jika Anda seorang manajer yang mencoba membuat tim penjualan Anda bergabung dengan menggunakan CRM, di bawah ini adalah alasan yang dapat Anda berikan kepada mereka untuk menyampaikan apa untungnya CRM bagi mereka.

1. Menyimpan Informasi Kontak Prospek Dalam Satu Tempat Terpusat

Jika Anda mengumpulkan kartu nama, maka ukuran dompet Anda akan penuh dan paling mudah adalah menyimpannya di laci meja kantor, namun ini akan sangat mudah hilang. Sangat bagus bahwa Anda mengumpulkan kartu nama, tetapi dapatkah Anda dengan cepat menemukan nama, email dan nomor telepon prospek saat Anda benar-benar membutuhkannya? Jauh lebih mudah untuk hanya meminta database untuk mengakses semua informasi yang Anda butuhkan hanya dalam hitungan detik. Sistem CRM ada untuk menggantikan metode penyimpanan data kontak pelanggan agar tim sales lebih mudah untuk menemukan data prospek yang dibutuhkan saat itu juga.

2. Simpan Catatan Percakapan dan Tetapkan Peringatan untuk Langkah Selanjutnya dalam Proses Penjualan

Mempertahankan riwayat akun atau komunikasi dengan prospek yang komprehensif bisa sangat membantu saat Anda berkolaborasi dengan orang lain untuk membangun solusi dan bertukar pikiran untuk mencapai kesepakatan. Sistem CRM juga sangat membantu dalam mengelola alur kerja tersebut. Anda juga dapat mengetahui dengan pasti apa langkah selanjutnya yang harus Anda ambil dengan prospek dan menetapkan peringatan untuk mengingatkan Anda tentang tenggat waktu yang tertunda untuk dilakukan tindakan oleh tim sales, seperti follow up maupun cross dan up-selling.

3. Tidak Ada Lagi Persiapan Laporan Aktivitas Mingguan dan/atau Bulanan

Apakah Anda masih mengisi laporan aktivitas harian atau mingguan atau memperbarui perkiraan penjualan di spreadsheet Excel? Maaf, itu sudah cara kuno yang harus ditinggalkan! Sistem CRM menawarkan cara yang lebih baik. Jika tim penjualan memasukkan catatan mereka dan memperbarui semua bidang data yang sesuai di CRM, maka manajemen dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan. Manajer tidak akan pernah meminta Anda untuk memperbarui perkiraan Anda lagi.

4. Lakukan Lebih Banyak Pekerjaan dalam Waktu Lebih Singkat

Peningkatan produktivitas selalu menjadi salah satu manfaat dari penggunaan CRM. Mungkin, awal impelementasi dan penggunaan terlihat sangat rumit. Namun, setelah tim terbiasa, ini akan menjadi lebih mudah daripada membuat laporan di spreadsheet. Sistem CRM kini sudah berkembang sangat pesat. Bahkan sistem CRM sudah banyak yang terintegrasi dengan email dan sosial media untuk memantau aktivitas prospek. Seorang sales benar-benar dapat melakukan banyak aktivitas dengan puluhan prospek dalam sehari dan tidak pernah meninggalkan sistem email mereka dan semua aktivitas ini akan disimpan di CRM.