Return to site

4 Alat Untuk Menambah Wawasan Dalam Penjualan

Melacak segala aktivitas tentang penjualan Anda

· Tips Sales

Penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang dapat Anda gunakan agar bisa bekerja tepat sasaran dalam  setiap proses penjualan. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki target jangka panjang dengan pelanggan. Hal utama yang harus Anda lakukan adalah dengan memperbarui data-data pelanggan Anda dengan melakukan penelitian dan pelacakan proses dari waktu ke waktu secara rutin.

Ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan Anda dalam menganalisa data hasil penelitian dan pelacakan penjualan. Alat ini juga dapat Anda maksimalkan untuk mengatur strategi tertarget agar bisa mencapai target penjualan.

1. Sales management

Simpan semua data transaksi yang Anda miliki tanpa melewatkan satu pun penjualan Anda. Anda dapat melacak atau mengatur informasi tentang pelanggan seperti aktivitas sehari-hari pelanggan maupun calon pelanggan. Lihat semua proses yang terjadi pada prospek sehingga berhasil menutup transaksi Anda. Sekilas alat ini mirip dengan CRM, akan tetapi fokus utama alat ini adalah pada penjualan Anda.

2. Customer Relationship Management (CRM)

Atur semua proses penjualan Anda dengan meningkatkan kinerja tim sales dan marketing. CRM membantu Anda membangun tim menjaga hubungan dengan pelanggan yang lebih baik serta dapat meningkatkan rasio konversi penjualan dari pelanggan yang dimiliki (existing customer). CRM juga dapat membantu Anda untuk mengurangi waktu yang terbuang sia-sia dan meningkatkan kinerja dan komunikasi sales dengan prospek. Sehingga prospek/pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebih personal dan memiliki proses negosiasi yang lebih cepat.

3. Tools untuk memantau kompetitor

Cari tahu perubahan dan pembaruan yang telah dilakukan oleh kompetitor Anda. Anda perlu memantau produk-produk baru yang dikeluarkan, perubahan harga, tren yang terjadi di kompetitor dan juga ketersediaan produk yang mereka miliki. Jika Anda ingin memantau website e-Commerce milik kompetitor, Anda dapat mencari add-on untuk browser yang dapat mengirimkan informasi perubahan pada suatu website.

4. Mengoptimalkan pemasaran melalui SEO dan PPC

Kelola strategi marketing Anda dengan menggunakan marketing pada SEO atau pada iklan PPC. Anda juga dapat memantau efektivitas iklan PPC Anda dengan memanfaatkan tools tambahan yang disediakan oleh berbagai perusahaan.

Itulah alat-alat yang dapat Anda gunakan untuk menambah wawasan penjualan yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Tools mana yang sudah Anda pilih? Apa yang telah Anda dapatkan dari implementasi 1-2 alat yang telah kami sebutkan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com