Return to site

4 Cara Mengidentifikasi Kualitas Prospek Anda

Hemat waktu dengan memilih prospek berkualitas

· Tips Sales

Salesperson banyak yang menghabiskan waktu mereka karena terlalu fokus pada lead yang mereka dapatkan, tetapi tidak pernah memperhatikan kualitasnya. Lalu apa yang seharusnya dilakukan oleh salesperson untuk bisa keluar dari situasi tersebut dan menjaga peluang dari lead yang berkualitas? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda jadikan acuan untuk mengidentifikasi prospek/lead yang berkualitas.

1. Mulailah mencari jejak digitalnya di media sosial atau pencarian

Ada banyak cara untuk mencari informasi seputar prospek jika Anda melakukannya dengan benar. Salah satu cara yang dapat Anda tempuh adalah dengan melakukan penelusuran profil prospek memanfaatkan media sosial atau bahkan dengan mencari nama dan perusahaan prospek dari mesin telusur seperti Google, Yahoo maupun Bing. Carilah informasi yang Anda butuhkan dan periksa kembali apakah prospek ini sesuai dengan demografi atau kriteria prospek berkualitas menurut Anda.

2. Melakukan komunikasi via telepon

Coba menghubungi prospek Anda dengan memanfaatkan layanan telepon. Kenali karakter prospek Anda tersebut melalui bahasa komunikasinya. Suguhkan beberapa pertanyaan penting yang menjadi dasar atau landasan untuk menentukan apakah prospek ini sesuai atau tidak.

3. Cari tahu bagaimana solusi Anda mampu memberikan jawaban atas masalah yang mereka hadapi

Melalui telepon, tanyakan pada prospek Anda bagaimana produk Anda dapat memberikan solusi yang tepat. Biarkan mereka menilainya saat itu juga. Jika mereka masih ragu untuk memberikan jawaban, Anda dapat memberikan tenggat waktu kepadanya untuk berpikir sebelum mengambil keputusan. Jika pada periode yang sudah Anda tentukan selesai, lanjutkan proses identifikasi Anda dengan menjalankan poin ke-4 berikut ini.

4. Budget prospek

Jika prospek nampak ragu-ragu untuk memberikan jawaban atas solusi yang sudah Anda tawarkan, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencari tahu nilai budget yang disediakan oleh prospek untuk melakukan pembelian. Dengan mengetahui lebih awal mengenai hal ini, tentu akan lebih baik dalam menjaga potensi menghindari terbuangnya waktu Anda dalam melayani prospek yang tidak ideal.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada Anda dalam mengidentifikasi kualitas prospek yang Anda miliki. Apabila Anda memiliki tips lain yang ingin ditambahkan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar Anda di bawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com