Return to site

Pentingnya Menjaga Penjualan Dari Pelanggan Lama

Sukses menjual dalam arti yang sebenarnya

· Tips Sales

Sales yang berhasil menjual produk, setidaknya berhasil menjual beberapa kali dalam periode tertentu bisa saja jauh dari kata gagal. Namun, penjualan tersebut tidak dapat diartikan sebagai penjualan yang sukses jika hanya berlangsung dalam periode pendek. Sedangkan keberhasilan sales dan perusahaan diukur dengan seberapa banyak pelanggan loyal yang bertahan untuk periode jangka panjang dengan beberapa kali pembelian atau bahkan mencapai kerjasama seumur hidup pelanggan tersebut.

Jika Anda hanya berpikir tentang penjualan dan dianggap berhasil, semua orang bisa melakukan hal serupa, sekalipun mereka bukanlah seorang sales profesional. Anggap saja seorang sales produk yang menawarkan produk door to door­. Mereka menawarkan produk kepada orang-orang yang ia temui dan tidak menutup kemungkinan ia dapat menghasilkan penjualan dari metode kerjanya tersebut. Tetapi, kebanyakan dari sales door to door di Indonesia hanya mencari pembeli ketika ia keliling di area tersebut saja. Artinya, mereka tidak peduli apakah nanti pembeli akan melakukan pembelian ulang terhadap produk atau tidak. Yang pasti, ia sudah berhasil menjual produk dan memiliki alasan untuk kembali ke kantor dengan membawa rekam penjualan.

Jika Anda menerapkan cara yang sama untuk menghasilkan pelanggan jangka panjang, tentu Anda harus bekerja lebih baik dengan berbagai macam cara. Seperti dengan menawarkan produk lain kepada pembeli, menjaga hubungan atau bahkan menyambut pelanggan ketika perusahaan memiliki acara-acara tertentu.

Oleh karena itu, ubahlah cara berpikir Anda yang hanya peduli pada satu pembelian dari pelanggan-pelanggan Anda. Ketika keberhasilan penjualan Anda capai dari pelanggan, Anda sudah harus berusaha menjadikan pelanggan tersebut sebagai salah satu rencana jangka panjang untuk bisnis Anda. Tetap menjaga hubungan dengan pelanggan dan tetap menawarkan produk-produk yang relevan kepada pelanggan untuk menghasilkan penjualan-penjualan baru di masa depan. Ketika Anda berhasil menjalankan strategi tersebut, tidak hanya berhasil menciptakan penjualan untuk meningkatkan prestasi Anda secara pribadi, Anda pun dapat membawa perusahaan terus tumbuh dari waktu ke waktu berkat usaha Anda dalam menjaga penjualan dari pelanggan lama/pelanggan yang Anda miliki.

Ilustrasi (c) Pixabay.com