Return to site

4 Cara Menjaga Kualitas Untuk Pelanggan

Jangan pernah menganggap remeh kualitas untuk pelanggan Anda

4 Cara Menjaga Kualitas Untuk Pelanggan

Bagi sebagian pemilik bisnis, banyak yang lebih peduli dengan kualitas. Hanya saja tak sedikit pula pelaku bisnis tidak menghiraukan hal tersebut dan lebih memilih untuk meraup keuntungan yang besar dengan mengurangi kualitas. Padahal, cara tersebut merupakan cara yang salah bahkan dapat merusak bisnisnya sendiri. Berikut adalah 4 cara yang dapat Anda ambil agar tidak terjebak pada jalan yang salah.

1. Membuat komitmen untuk memberi pelayanan yang baik untuk pelanggan

Pelayanan yang baik untuk pelanggan biasanya lebih mudah jika pelaku bisnis masih memiliki pelanggan dalam jumlah kecil. Pelayanan menurun biasanya terjadi ketika perusahaan sudah menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat dan memiliki lebih banyak pelanggan. Untuk itu, pelaku bisnis harus mulai berkomitmen sejak pelanggan masih sedikit untuk memberikan pelayanan maupun produk yang berkualitas kepada pelanggan-pelanggannya. Sehingga ketika perusahaan sudah memiliki banyak karyawan, kualitas pelayanan tetap terjaga.

2. Melihat kesalahan dan mencari jalan keluar

Jangan biarkan kesalahan kecil membuat kualitas Anda dinilai menurun oleh pelanggan. Jika Anda menemukan satu kesalahan, ada baiknya Anda segera menyelesaikan dengan baik. Menunda perbaikan kesalahan justru akan membuat masalah dengan pelanggan semakin menumpuk. Jadi, ketika Anda menemukan kesalahan, selesaikan masalah tersebut saat itu juga atau dalam tempo sesegera mungkin.

3. Berinvestasi pada pelatihan

Memiliki karyawan atau staff yang terlatih tentu akan membuat kualitas layanan maupun produk Anda lebih baik. Anda tidak harus mencari staff yang profesional untuk memiliki staff terlatih. Anda cukup mencari sosok yang mampu belajar dengan cepat dan dapat diatur oleh perusahaan untuk melayani pelanggan bukan hanya memikirkan pekerjaannya saja. Dengan pelatihan, karyawan biasa pun dapat berubah menjadi karyawan terlatih dan dapat menguasai bidangnya dengan baik.

4. Kualitas terstruktur

Sederhana saja, kualitas terstruktur ibarat staf QC jika pada bisnis manufaktur. Meski pun perusahaan tidak bergerak di bidang tersebut, Anda tetap harus memiliki staff khusus untuk terus memantau kualitas pelayanan Anda. Dengan demikian, seluruh staff Anda dapat bekerja dengan baik dan tetap menjaga kualitas untuk pelanggan.

Kesimpulannya adalah tidak ada alasan bagi Anda untuk menurunkan kualitas untuk pelanggan-pelanggan Anda jika memang yang diharapkan adalah pertumbuhan perusahaan secara berkelanjutan. Kualitas yang Anda berikan kepada pelanggan, pada akhirnya akan membuat cara pikir mereka bukan hanya tentang kebutuhan, tapi juga kepercayaan yang semakin baik untuk mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli/menggunakan produk Anda.

Ilustrasi (c) Pexels.com | Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK