Return to site

Menentukan CRM Yang Tepat Untuk Bisnis

Cara menentukan CRM untuk bisnis Anda

Menentukan CRM Yang Tepat Untuk Bisnis

Bagi sebagian pelaku bisnis atau sales leader pasti akan “galau” untuk menentukan CRM yang tepat untuk bisnis yang mereka jalankan. Tapi, bagi yang sudah pernah atau berpengalaman menggunakan CRM, mereka tentu akan lebih mudah dalam menentukan pilihan bahkan suka-suka mereka ingin CRM yang seperti apa.

Untuk Anda yang belum pernah mengimplementasikan CRM, hal utama yang perlu Anda perhatikan ialah penyesuaian CRM dengan ukuran perusahaan yang Anda miliki. Mungkin untuk kategori pemula, CRM yang dibutuhkan ialah CRM yang bisa menyimpan data kontak, manajemen kontak, kontak database serta pelacakan penjualan atau pelacakan peluang yang dihasilkan kontak. Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ialah kecocokan antara software CRM yang Anda gunakan dengan sasaran bisnis Anda.

Pada dasarnya, CRM memiliki prioritas utama yakni bagaimana software CRM yang Anda gunakan bekerja? Apakah Anda ingin menyimpan data Anda pada server on-premise atau akan menggunakan cloud based CRM. Dua model ini sebelumnya sudah kami bahas cukup jelas pada perbedaan On-Premise CRM dengan Cloud Based CRM Part 1 dan Part 2.

Menurut ahli teknologi, saat ini banyak UKM myang masih “fobia” terhadap keamanan perangkat berbasis Internet atau Cloud. Padahal, seiring pertumbuhan teknologi dan keamanan siber, pelaku bisnis tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan. Bahkan, hadirnya cloud dalam dunia komputasi seperti membuka era baru dimana pemilik data lebih merasa aman dibandingkan dengan metode penyimpanan tradisional. Cloud juga memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk membuka data kapan pun ia berada selama berada pada zona terhubung dengan internet.

CRM Cloud Based tentu memberikan kelebihan lebih banyak jika dibandingkan dengan on-premise CRM. Tapi bukan itu saja yang harus menjadi pertimbangan Anda. Karena kebutuhan perusahaan mungkin akan berbeda-beda terkait CRM ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin akan berguna untuk Anda sebelum menentukan CRM.

1. Apakah software/produk CRM yang Anda miliki cukup fleksible untuk melihat atau membuat proses?

2. Seberapa mudah Anda bisa mengkonfigurasi perangkat/software?

3. Seberapa mudah bagi Anda untuk mentransfer data dari sumber lain ke software CRM Anda?

4. Apakah CRM pilihan Anda akan benar-benar membantu Anda dan dapat menutup kebutuhan dan memiliki biaya yang tidak terlalu besar?

Jika Anda sudah memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, mungkin Anda memang siap memilih CRM Anda sendiri. Jika belum, mungkin Anda masih memerlukan beberapa informasi lainnya. Jika Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda menentukan CRM yang tepat untuk bisnis, Anda dapat menghubungi kami melalui email hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Unsplash.com