Return to site

Perbedaan On-Premise CRM Dengan Cloud Based CRM (PART 1)

Apa perbedaan CRM On-Premise dengan Cloud Based

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,CRM
Perbedaan On-Premise CRM Dengan Cloud Based CRM

Masih bingung untuk memutuskan CRM yang seperti apa yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda? Apakah akan menggunakan On-Premise CRM atau lebih baik Cloud Based CRM?

Baiklah, kita akan mulai dari sini sebelum membahas lebih jauh lagi tentang CRM untuk bisnis Anda. Sebelum Anda memutuskan model CRM yang akan Anda gunakan, kami akan jelaskan sedikit tentang keduanya.

Apa itu On-Premise CRM?

On-Premise CRM adalah CRM yang diterapkan secara konvensional, yang mana mulai dari pengadaan hingga pengaturan infrastruktur maupun software dilakukan oleh perusahaan itu sendiri. Seperti mulai dari Server, Developer, Design dan lain sebagainya dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan dapat dengan mudah mengontrol semua database yang ada didalamnya karena semua data disimpan dimana perusahaan itu berada. Hanya saja, perusahaan perlu mengeluarkan biaya lebih besar karena harus merekrut tim IT sendiri.

Apa itu Cloud Based CRM?

Cloud Based CRM adalah CRM yang dioperasikan dengan sistem Remote Location dan tersedia untuk semua klien yang tersedia jaringan internet. Cloud Based CRM ini pada dasarnya adalah Software-as-a-Service dimana perusahaan cukup menggunakan aplikasi/software untuk menggunakan CRM. Semua data disimpan dalam cloud yang disediakan oleh penyedia atau provider. Perusahaan cukup log in pada Software untuk mengakses data pada CRM. Perusahaan pun tidak perlu melakukan pengadaan infrastruktur atau merekrut tim IT karena seluruh keperluan maupun pengaturan yang berhubungan dengan software dan server ditangani oleh provider.

Bagaimana dengan keamanan data perusahaan?

Baik On-Premise CRM maupun Cloud Based CRM sama-sama memiliki tingkat keamanan data yang sama. Hanya saja, Cloud Based CRM memiliki kelebihan lain yakni server tidak hanya berada di satu lokasi. Semua server-server tersebut terintegrasi sehingga dapat memastikan bahwa CRM Anda memiliki tingkat down 1%.

Ada banyak perbedaan mendasar dari kedua model CRM ini. Kami akan memberikan semua perbedaan-perbedaan signifikan antara On-Premise CRM dengan Cloud Based CRM. Namun pada kesempatan kali ini kami hanya akan memberikan beberapa perbedaan kedua model ini. Kami akan melanjutkan pada artikel selanjutnya.

1. Nilai Investasi

On-Premise CRM: Normalnya, CRM model ini membutuhkan biaya investasi yang sangat besar

Cloud Based CRM: Membutuhkan investasi yang lebih kecil

2. Pengadaan atau Inventory

On-Premise CRM: Anda harus memesan paket dari manufaktur dengan biaya satu waktu

Cloud Based CRM: Hanya membutuhkan biaya langganan baik untuk layanan, perbaikan dan penyesuaian dengan kebutuhan.

3. Pemasangan

On-Premise CRM: Harus dipasang di Client System

Cloud Based CRM: Tanpa harus menginstalasi sendiri, CRM tersedia untuk pelanggan yang terhubung dengan internet, kapan pun dan dimana pun.

4. Waktu

On-Premise CRM: Cenderung memakan waktu yang lebih panjang sebelum CRM benar-benar dapat digunakan.

Cloud Based CRM: Dapat digunakan saat itu juga, proses menunggu tidak lebih dari 30 menit.

5. Tim IT

On-Premise CRM: Perlu mencari tim IT profesional untuk bisa membuat CRM dengan baik. Perlu biaya tambahan baru untuk gaji tim IT .

Cloud Based CRM: Tidak membutuhkan tim IT untuk maintenance, cukup menghubungi provider untuk menyelesaikan permasalahan pada CRM Anda.

Itulah perbedaan-perbedaan yang dapat kami berikan saat ini. Jangan lupa untuk subscribes atau bookmark blog kami. Jika Anda ingin berdiskusi secara personal dengan kami karena masih bingung untuk menentukan CRM yang sesuai dengan bisnis Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan kami secara langsung melalui email hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com