Return to site

Mengapa Harus Peduli Dengan Pelanggan Lama Untuk Meningkatkan Penjualan

Menjaga hubungan baik perusahaan dengan pelanggan lama

· Tips Bisnis,Tips,Business Blog
broken image

Fokus mencari pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan itu memang tidak salah. Tapi, pendapatan baru dari perusahaan tidak hanya datang dari mereka yang baru masuk sebagai pelanggan. Banyak pelanggan-pelanggan lama yang dapat memberikan pendapatan baru untuk perusahaan. Oleh sebab itu, kami menyebut bahwa pendapatan perusahaan dari hasil penjualan itu tidak dapat kita prediksi datangnya dari mana.

 

Itulah mengapa perusahaan wajib lebih mempedulikan pelanggan lama mereka. Sekalipun pelanggan-pelanggan lama ini hanya membawa hasil kecil buat perusahaan dibandingkan dengan pelanggan baru. Ada banyak alasan kenapa perusahaan harus peduli dengan pelanggan lamanya. Mungkin kami sudah menyebutkan banyak hal tentang pentingnya pelanggan lama ini pada artikel-artikel sebelumnya.

 

Pada artikel kali ini, kami ingin membuka pikiran Anda lebih dalam tentang pentingnya peduli kepada pelanggan lama.

 

1. Mencapai konversi yang lebih tinggi

Pelanggan lama adalah pelanggan yang sudah pernah membeli produk Anda atau setidaknya memiliki pengalaman dengan apa yang Anda berikan. Ketika mereka melakukan pembelian ulang lebih dari satu kali, itu akan membangun kepercayaan pada diri mereka. Ketika kepercayaan tersebut sudah terbentuk, semakin mudah pula bagi Anda untuk mengidentifikasi apa kebutuhan mereka. Setelah Anda tahu, semakin mudah pula bagi Anda untuk masuk untuk menawarkan produk baru yang Anda miliki.

 

2. Menurunkan biaya marketing

Anda butuh pembeli untuk produk baru yang dimiliki? Mengapa Anda tidak mencari pelanggan lama untuk mengurangi waktu pemasaran? Menjadikan pelanggan lama sebagai pemilik pertama produk yang Anda miliki dapat membantu Anda dalam mencari tahu kelemahan apa saja yang ada pada produk baru tersebut. Umpan balik dari mereka mampu meningkatkan produk serta layanan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

 

3. Meningkatkan keuntungan

Kebanyakan pelanggan baru sering menanyakan diskon untuk awal pemesanan yang akan mereka lakukan. Karena Anda membutuhkan pelanggan baru, maka Anda akan memberikan diskon tersebut dengan harapan bisa menjaring mereka. Ketika diskon diberikan, keuntungan yang Anda dapatkan pun akan menurun. Padahal, Anda juga tidak tahu apakah mereka akan melakukan pemesanan ulang atau tidak. Lain halnya dengan pelanggan lama Anda, ketika mereka sudah tahu produk dan kualitas produk Anda, mereka tidak akan menanyakan diskon lagi. Ketika mereka tertarik, mereka akan langsung membelinya. Sehingga, Anda dapat membukukan keuntungan penuh dari pelanggan lama tersebut.

Itulah alasan-alasan kenapa Anda harus lebih peduli dengan pelanggan Anda. Apakah Anda sudah menerapkan strategi ini untuk menambah pendapatan perusahaan?

Ilustrasi (c) Wikimedia Commons