Return to site

4 Cara Terbaik Untuk Menaikkan Harga Produk/Layanan

Menaikkan harga produk dengan menjaga kepercayaan pelanggan

4 Cara Terbaik Untuk Menaikkan Harga Produk/Layanan

Jika kita berhadapan dengan kompetitor, mungkin kita dapat memperhatikan persaingan harga yang mereka berikan untuk pelanggan-pelanggannya. Tapi, adakalanya, mengikuti cara tersebut justru membuat bisnis kita terjun dan berujung pada semakin kecilnya pendapatan yang kita dapatkan.

Pada artikel sebelumnya, kami sempat membahas bagaimana menaikkan harga produk/layanan tetap bisa meningkatkan penjualan yang dapat Anda baca pada halaman ini. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips yang masih berhubungan dengan menaikkan harga akan tetapi tetap menjaga kepercayaan pelanggan Anda.

1. Memberikan informasi sebelum menaikkan harga

Apapun alasan yang Anda miliki untuk menaikkan harga produk/layanan, yang perlu Anda perhatikan adalah jangan pernah menaikkan harga secara tiba-tiba. Ketika Anda melakukan perubahan harga ke arah yang lebih tinggi tanpa sepengetahuan pelanggan sebelumnya, mereka akan merasa bahwa Anda tidak menghargai mereka sebagai pelanggan Anda.

Jika Anda memiliki rencana untuk menaikkan harga, cara yang paling baik ialah dengan memberikan himbauan terlebih dahulu bahwa akan ada kenaikan harga mulai tanggal yang telah ditentukan oleh perusahaan. Metode pemberitahuannya pun bisa dengan mengirimkan email, pesan singkat (SMS), melalui telepon atau dengan melakukan pertemuan dengan pelanggan terutama pelanggan-pelanggan prioritas.

2. Memberikan alasan yang kredible dan jujur

Pelanggan pasti akan paham betul bahwa alasan perusahaan menaikkan harga yang tidak jelas akan mengurangi kepercayaan mereka. Untuk itu, jika Anda ingin menaikkan harga, maka Anda harus menyampaikan semua alasan-alasan yang memang memaksa Anda menaikkan harga produk/layanan. Jika Anda hanya memikirkan keuntungan, pasti mereka akan lebih memilih untuk menggunakan produk/layanan yang serupa dengan bisnis Anda dari kompetitor Anda.

3. Menambahkan inovasi

Jika berhubungan dengan bisnis makanan ringan mungkin lebih sulit untuk berinovasi, hanya saja untuk layanan kita dapat mengembangkan inovasi lebih mudah untuk masing-masing layanan. Jika Anda ingin menaikkan harga, Anda dapat mengembangkan inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk pelanggan Anda. Karena nilai lebih yang didapatkan dari inovasi layanan Anda tersebut dapat berdampak pada keseimbangan antara harga dan kepuasan pelanggan.

4. Memberikan diskon variatif untuk pelanggan lama dan pelanggan baru

Ketika tiga langkah diatas sudah Anda terapkan, langkah selanjutnya ialah dengan memberikan diskon kepada pelanggan-pelanggan Anda yang sudah ada. Sebagai contoh, untuk pelanggan lama Anda memberikan diskon 15% dari harga baru. Sedangkan untuk pelanggan baru, Anda memberikan diskon 10% dari harga baru. Dengan cara ini, setidaknya pelanggan dapat menikmati layanan dan menyiapkan dana tambahan untuk tetap menggunakan produk/layanan Anda.

Dengan cara-cara tersebut, pelanggan-pelanggan Anda akan lebih memahami situasi yang dialami oleh perusahaan Anda. Sehingga, mereka tetap mempercayakan produk/layanan yang Anda tawarkan untuk mereka.

Ilustrasi (c) Unsplash.com | Pixabay.com