Return to site

Bagaimana Menaikkan Harga Bisa Meningkatkan Penjualan?

Harga Naik, Penjualan Naik

Bagaimana Menaikkan Harga Bisa Meningkatkan Penjualan?

Hal terburuk dalam bisnis adalah ketika berusaha menaikkan harga untuk menyesuaikan dengan pengeluaran justru membuat pelanggan pergi. Sedangkan jika kita tidak menaikkan harga, produk yang dijual tidak dapat menutupi biaya operasional. Kondisi seperti ini membuat perusahaan harus berpikir panjang sebelum benar-benar menaikkan harga. Tapi, bagaimana jika Anda berhasil menaikkan harga namun tetap tidak mengurangi jumlah pelanggan?

Kondisi ini mungkin akan dibilang mustahil bisa dicapai. Tapi, tahukah Anda, banyak perusahaan yang bisa menaikkan harga suka-suka tanpa memikirkan pelanggan, namun pelanggan tetap loyal kepada mereka. Mau tahu caranya? Berikut adalah hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengikuti jejak perusahaan tersebut.

1. Menjaga atau meningkatkan kualitas

Perusahaan yang berhasil menaikkan harga tapi tidak pernah kehilangan pelanggan adalah perusahaan yang dapat memastikan kualitas produk atau layanan tetap sama atau yang mengalami peningkatan. Tak sedikit pelanggan lebih mementingkan kualitas dibandingkan dengan harga. Anda dapat mengikuti jejak perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan strategi ini agar mampu menarik pelanggan disaat Anda menaikkan harga produk atau layanan.

2. Percaya diri dengan produk

Ketika Anda melihat kompetitor yang memiliki produk laris manis di pasar, Anda jangan merasa produk Anda tidak dapat diterima oleh pembeli. Anda harus melihat dari sisi Anda sendiri untuk memikirkan strategi yang tepat.

Apabila Anda berada pada kondisi tersebut, Yang harus Anda lakukan ialah tetap yakin dengan produk Anda sendiri. Anda tidak perlu ragu untuk menaikkan harga produk atau layanan ditengah perusahaan lain justru menurunkan harga jual.  Jika Anda berani meningkatkan kualitas, kenapa harus takut tidak laku?

3. Meningkatkan nilai perusahaan

Cara paling ampuh untuk menaikkan harga produk tanpa harus kehilangan pelanggan ialah ketika Anda berhasil menaikkan nilai perusahaan dimata pelanggan. Untuk cara ketiga ini cenderung membutuhkan waktu yang lebih panjang sebelum benar-benar bisa menaikkan harga produk. Anda harus bisa melalui step-by-step untuk meningkatkan posisi Anda.

Meningkatkan nilai perusahaan dari pelanggan tidak hanya fokus pada produk dan jumlah penjualan yang didapatkan. Anda juga harus fokus pada kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas, secara perlahan mereka akan menjadi referral untuk rekan-rekannya, ketika mereka tahu produk Anda berkualitas, maka akan membentuk jaringan dari kalangan pelanggan yang akan membantu membawa bisnis Anda pada posisi tertinggi.

Apabila Anda telah berada pada posisi teratas, bukan masalah lagi jika Anda melakukan kenaikan harga. Karena mereka sudah mengerti reputasi produk dan layanan Anda. Serta perusahaan Anda sudah menjadi perusahaan terkenal.

Itulah strategi untuk tetap menjaga pelanggan meski Anda telah menaikkan harga produk atau layanan. Bagaimana dengan perusahaan Anda dalam menanggapi strategi penetapan harga ini? Apakah Anda sudah berhasil memainkan harga sendiri atau masih takut dengan kompetitor yang memaksa Anda untuk menurunkan harga produk? Jika iya, bagaimana tanggapan Anda?

Ilustrasi (c) Unsplash.com