Return to site

Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Meningkatkan Revenue

Cara meningkatkan revenue perusahaan

Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Meningkatkan Revenue

Sebagai seorang sales, tugas utama Anda adalah untuk meningkatkan revenue. Tapi, untuk bisa mencapai pertumbuhan sales selalu dihadapi oleh banyak masalah. Bukan hanya masalah internal saja tapi juga permasalahan eksternal. Banyak masalah bukan berarti tidak ada cara untuk memecahkan masalah tersebut.

Ada banyak hal yang bisa meningkatkan revenue perusahaan diantaranya adalah dengan membangun tim sales yang baik, meningkatkan aktivitas sales, meningkatkan penjualan dengan melakukan kampanye pemasaran dan hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan revenue perusahaan. Tapi, cara-cara tersebut tidak menjamin akan berhasil diterapkan setiap saat. Untuk itu, seorang sales harus memiliki kunci pasti untuk bisa meningkatkan revenue. Kunci tersebut ialah strategi, struktur, masyarakat dan proses. Tanpa memiliki tujuan dan taktik spesifik dan terukur dari keempat kunci tersebut penjualan tidak bisa optimal. Akan kami perjelas lagi mengenai kunci-kunci tersebut.

1. Strategi

Semua aktivitas penjualan Anda dimulai dari strategi. Bagaimana Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan strategi yang sudah usang? Contohnya, pada tahun 2017 ini, jika Anda hanya mengandalkan strategi penjualan yang diterapkan pada tahun 2010 mungkin sudah tidak lagi efektif. Anda perlu memperbarui strategi penjualan lagi untuk dapat meningkatkan revenue perusahaan. Selain sudah tidak efektif, strategi usang mencerminkan bahwa perusahaan Anda tidak memperhatikan laju kompetitor yang sudah semakin inovatif.

Strategi akan menjadi acuan perusahaan agar bisa tumbuh maksimal. Jika perusahaan tidak memperhatikan strategi yang tepat, kapan revenue perusahaan bisa tumbuh?

2. Target pasar

Target pasar adalah kunci terakhir yang harus dimiliki oleh perusahaan. Masing-masing pasar memiliki keunikan sendiri. Dimana setiap pembeli memiliki selera yang berbeda-beda dan tidak dapat ditebak oleh perusahaan. Contohnya, saat perusahaan fashion menilai produk dengan model A akan menjadi produk unggulan, ternyata respon pasar tidak sama dengan prediksi perusahaan. Produk lain yang tidak menjadi unggulan perusahaan justru menjadi produk yang paling banyak diminati pasar.

Dari kondisi tersebut itulah mengapa perusahaan perlu memiliki kunci yang berkaitan dengan target pasar ini mulai dari menjaga hubungan, memberikan layanan yang bagus dan lain sebagainya.

3. Struktur

Struktur adalah kerangka yang dimiliki perusahaan untuk bisa memastikan bahwa strategi yang dibuat akan berjalan lancar. Jika perusahaan menjalankan proses sales tanpa terstruktur, bukankah strategi yang sudah matang tersebut tidak akan pernah bisa berhasil. Struktur mencakup semua aspek dalam penjualan seperti operasional maupun pemberdayaan penjualan. Dari sini Anda pasti sudah paham betapa pentingnya struktur dalam meningkatkan revenue.

4. Proses

Strategi, Struktur dan Proses merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Untuk itu perusahaan harus bisa mengontrol strategi dan struktur untuk bisa membuat proses yang baik ketika sampai pada masyarakat. Jika Anda tidak memperhatikan proses, bagaimana mungkin perusahaan mendapatkan hasil yang baik?

Mengamati proses yang terjadi akan sangat membantu perusahaan untuk menentukan solusi jika ditemukan strategi yang tidak berjalan sesuai struktur. Perusahaan juga dapat memastikan bahwa tim sales bekerja sesuai dengan SOP dan kebijakan perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com / Pixabay.com