Return to site

4 Cara Untuk Meningkatkan Kerja Sama Tim Marketing

Sikap leader pada tim untuk meningkatkan kerja sama

· Tips Sales,Tips Marketing

Punya banyak tim marketing memang sulit untuk mengatur dengan cepat, apalagi mereka memiliki target individual yang berbeda-beda. Tak sedikit juga dari mereka yang cenderung melakukan pekerjaan tanpa kerjasama hanya fokus dengan bekerja untuk dirinya sendiri. Persaingan dalam tubuh tim marketing pun tak dapat dihindari. Kondisi tim seperti ini tidak akan bisa membantu perusahaan maupun Anda sebagai leader untuk mencapai target dengan baik.

Sebagai leader, tugas Anda adalah menyatukan mereka untuk bisa bekerja sama dengan baik agar target penjualan dapat dicapai bersama-sama. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tim Anda dapat bekerjasama dengan baik yang perlu Anda terapkan.

1. Kenali tim Anda dan arahkan mereka bekerja dengan tujuan yang sama

Kesuksesan dalam penjualan itu bergantung pada pemasaran yang sukses. Untuk mencapai hal tersebut tim harus bekerja dengan tujuan yang sama yakni membawa marketing yang sukses. Oleh karena itu, tugas Anda sebagai leader untuk memahami karakter masing-masing tim Anda serta membawa mereka untuk bekerjasama dengan pola pikir yang sama pula. Arahkan mereka untuk terus mengutamakan kesuksesan bersama. Jangan pernah memecah mereka untuk bekerja dalam persaingan.

2. Jelaskan target individual dan tim yang harus dicapai

Apabila Anda merasa tim harus memiliki target individual, maka Anda harus menjelaskan target apa yang harus ia capai. Tetapi, Anda juga harus mengembalikan target utama mereka adalah target tim. Jangan biarkan ia hanya fokus pada target individual yang Anda berikan dan melupakan target tim yang harus ia capai.

3. Cara Anda berkomunikasi dengan tim

Komunikasi antara leader dengan tim merupakan hal yang paling berpengaruh atas kerjasama tim marketing. Jika Anda minim komunikasi dengan tim, mereka akan bekerja sesuka mereka tanpa harus memperhatikan apa yang harus dilakukan dengan tim mereka.

4. Terbuka dalam memberikan target

Ketika Anda memutuskan untuk membuat target individual maupun target tim, tidak ada lagi kesalahpahaman antar anggota tim mengenai tugas yang harus mereka capai. Terkadang ketika seorang leader meeting personal dengan anggota tim dapat berakibat pada kesalahpahaman mengenai posisi mereka. Oleh karena itu, hindari hal tersebut dengan keterbukaan dalam pembagian tugas saat Anda meeting dengan tim.

Itulah 4 cara agar tim Anda dapat bekerja sama dengan baik yang dapat kami berikan. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips lain yang ingin ditambahkan? Silakan tinggalkan komentar Anda untuk berbagi tips!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK