Return to site

4 Cara Untuk Menjadi Sales B2B Yang Sukses

Tingkatkan keuntungan penjualan B2B Anda

· Tips Sales

Dalam dunia sales B2B, Anda harus mengikuti beberapa langkah untuk meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan lead dari kalangan bisnis. Tidak harus dengan mengeluarkan budget yang sangat tinggi, Anda tetap bisa mencapai penjualan dengan baik apabila Anda dapat mengikuti beberapa langkah ini dengan benar.

1. Memulai dengan riset prospek yang menjadi target Anda

Sales B2B tidak cukup hanya bermodalkan untuk melakukan riset tentang produk yang ia miliki guna mendapatkan pelanggan. Mereka yang sukses cenderung dikarenakan melakukan riset terhadap target pelanggan yang ingin ia dapatkan. Karena, riset tentang target pelanggan akan menentukan hasil yang lebih baik. Dengan riset ini pula perusahaan dapat memiliki informasi yang cukup rinci tentang kebutuhan target pelanggan yang ingin dicapai.

2. Cari informasi prospek sebanyak mungkin yang Anda bisa

Riset akan membuka jalan untuk menemukan target pelanggan dengan tepat, data yang dihasilkan akan lebih maksimal apabila Anda mampu mencari semua informasi tentang prospek yang diinginkan. Ketika data riset dan informasi prospek disatukan, Anda dapat melakukan penetrasi pendekatan yang memiliki akurasi lebih baik dibandingkan dengan melakukan penjualan dengan metode random.

3. Jangan pernah menyerah

Menargetkan pasar B2B akan menghadapkan Anda pada persaingan yang sangat ketat serta kriteria produk yang diharapkan oleh prospek yang sangat tinggi. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyerah begitu saja ketika mengalami kegagalan dalam penjualan. Kunci utama keberhasilan Anda berada pada keputusan untuk melakukan follow up prospek disaat ia tidak memberikan jawaban dalam periode tertentu. Bahkan, ketika Anda mendapatkan penolakan dari prospek, Anda masih bisa menjaga hubungan dengan prospek ini untuk mendapatkan penjualan di masa yang akan datang.

4. Membangun reputasi online yang positif

Media online merupakan cara paling mudah bagi prospek untuk mencari tahu siapa Anda dan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga sikap di media sosial baik itu yang bersifat umum maupun yang lebih khusus (untuk kalangan profesional). Ketika Anda memiliki reputasi yang baik, prospek akan lebih mudah untuk percaya kepada Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan agar Anda dapat menjadi sales B2B yang sukses bagi perusahaan. Semoga tips ini dapat membantu Anda menjadi sales yang lebih baik untuk karir dan perusahaan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com