Return to site

3 Hal Sederhana Untuk Mendorong Penjualan Anda

Tingkatkan penjualan Anda dengan fokus pada beberapa hal ini!

· Tips Sales

Semua salesperson mengharapkan penjualan dengan cepat dan dapat mencapai target penjualan sesuai komitmennya dengan perusahaan. Namun, untuk mempercepat penjualan agar dapat mencapai target sangat tidak mudah untuk dicapai. Beberapa faktor yang berpengaruh pada hasil penjualan adalah persaingan, pengalaman salesperson itu sendiri, cara melakukan pendekatan, kebiasaan salesperson dalam menawarkan, komunikasi dan lain sebagainya. Kami tidak akan membahas yang telah kami sebutkan sebelumnya dalam artikel kali ini. Kami akan membahas beberapa hal sederhana namun efektif untuk menciptakan penjualan, karena hal-hal ini sering diabaikan oleh sales person.

1. Menawarkan produk dengan banyak macam/variasi dalam satu paket khusus untuk pelanggan

Ketika Anda merasa penjualan sedang lesu dan tidak ada penjualan yang berarti, cobalah untuk mengubah strategi penjualan Anda dari satu produk menjadi beberapa produk atau yang biasa disebut dengan bundle produk.

Perlu Anda ketahui, bundle produk akan lebih efektif apabila Anda membuat penawaran produk baru yang di budle dengan produk lama tetapi memiliki relevansi atau berhubungan antar produk. Jika Anda menawarkan produk lama dan model produk dalam bundle tidak memiliki relevansi, ini akan menjadi program yang kurang efektif untuk mendorong penjualan. Selain itu, bundle produk lama hanya akan mengurangi potensi keuntungan. Karena, pelanggan sudah mengetahui harga produk lama Anda, sehingga untuk menarik minat mereka maka Anda harus memberikan diskon.

2. Membangun jaringan dan promosi dalam jaringan

Jangan pernah melupakan jaringan bisnis Anda, jadikan mereka sebagai mesin promosi dengan menjadikan mereka upline dari referral yang mereka dapatkan. Semakin banyak anggota jaringan yang menjadi referral jaringan Anda, semakin tinggi pula tingkat penjualan yang Anda dapatkan. Sedangkan untuk biaya promosi dari referral akan lebih hemat dibandingkan dengan mengiklankan secara konvensional. Umumnya, referral akan mendapatkan pasif income dari perusahaan Anda, sekalipun yang didapatkan hanya berkisar 1-10 persen.

3. Kontak yang terorganisir

Untuk mendorong penjualan yang lebih baik, Anda harus memiliki sistem yang dapat mengatur data kontak lead yang Anda miliki. Organisasi kontak dapat dilakukan dengan impelementasi CRM untuk menciptakan proses otomatis dalam memilih prospek yang harus diprioritaskan. Dengan sistem ini dan menjalankannya dengan benar, maka Anda akan berhasil menciptakan penjualan baru dengan lebih mudah.

Bagaimana, cukup sederhana kan untuk dilakukan? Jika Anda sudah pernah mempraktikkan cara ini, apa hasil yang pernah Anda dapatkan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK