Return to site

4 Elemen Penting Internet of Things (IoT)

Penggerak teknologi IoT

· News

Pertumbuhan dunia digital yang tidak pernah usai untuk menghadirkan konsep Internet of Things (IoT) untuk kehidupan nyata. Bagaimana tidak, suatu konsep yang memudahkan manusia dalam bekerja untuk kehidupan sehari-hari ini pun sudah muncul kepermukaan dengan berbagai inovasi yang sudah berhasil diciptakan.

Meskipun saat ini masih tergolong baru, sebagai benih terlahirnya teknologi IoT, teknologi ini pun sudah mampu memberikan banyak manfaat luar biasa bagi kehidupan manusia. Di balik manfaat-manfaat yang sudah Anda rasakan dengan perangkat dan teknologi IoT ini, apakah Anda memahami apa saja yang menjadi elemen penting dari teknologi IoT?

Jika Anda baru mendengar atau mengenal IoT dalam dunia teknologi, berikut adalah beberapa elemen penting dari IoT yang perlu Anda ketahui.

1. Teknologi yang membuat IoT mengerti dan sadar terhadap informasi datayang diterima

Hal pertama yang harus dilakukan oleh IoT adalah bagaimana teknologi ini sadar dan mengerti terhadap informasi data yang didapatkan. Seperti informasi yang dikirimkan oleh perangkat smartphone ke aplikasi IoT. Jika teknologi ini tidak dapat mengenali informasi yang dikirimkan, tentu hasil yang diberikan pun tidak akan pernah sesuai. Ibaratnya, Anda menyuruh anak untuk membeli produk A, jika informasi data tidak diterima dengan benar, tentu anak tersebut tidak akan membeli produk A. Peran seperti ini juga dimiliki oleh IoT untuk mengirimkan perintah terhadap objek/tools IoT yang mendapatkan perintah.

2. Komunikasi data dengan cloud

Data yang Anda miliki tidak bisa berjalan sendiri, ia harus dikirimkan melalui objek-objek komputasi berbasis cloud agar sampai pada tujuannya. Di sinilah peran komunikasi antara tools IoT dengan cloud menjadi penting. Melalui komunikasi ini, jalur pendistribusian data dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun sesuai keinginan para pengguna.

3. Konsolidasi dan penangkapan data cloud

Ada ribuan data yang masuk pada satu cloud server, bagaimana cara agar IoT dapat mengirimkan pesan yang tepat kepada perangkat? Konsolidasi data inilah yang harus bisa dilakukan oleh IoT untuk memastikan bahwa apa yang diperintahkan oleh aplikasi sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh para pengguna.

4. Pengiriman informasi

Ini merupakan bagian penting dari sistem IoT. Seberapa cepat pengiriman informasi dari IoT terhadap perangkat. Tidak mungkin bagi Anda untuk memerintahkan aplikasi IoT dengan perangkat yang diterima lambat atau bahkan berjam-jam. Tentu ini dapat menjadi kerugian bagi seorang pengguna. Ibaratnya, Anda menggunakan teknologi IoT untuk mematikan AC. Bagaimana jika perintah tersebut tidak terkirim dalam hitungan detik? Tentu Anda tetap boros energi dan aplikasi IoT ini pun dapat diartikan sebagai aplikasi gagal.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK