Return to site

4 Faktor Pendukung Perencanaan Penjualan & Pemasaran

Meningkatkan efisiensi strategi dengan planning yang lebih matang

· Sales Strategy

Setiap tahunnya Anda tentu selalu membuat perencanaan strategi untuk mencapai penjualan optimal. Setiap bulan merupakan waktu yang tepat bagi leader dan tim untuk memikirkan rencana apa yang harus dilakukan agar produktivitas penjualan dan pemasaran dapat dijaga dengan baik. Perencanaan penjualan merupakan tugas besar yang dapat berimbas pada tingkat efisiensi proses dari salesperson maupun marketer. Karena, perencanaan adalah peta yang dapat menunjukkan jalan bagi tim Anda untuk mencapai kesuksesan, maka leader harus bisa membangun perencanaan yang kuat untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Sebagai bahan tambahan sebelum Anda memutuskan perencanaan seperti apa yang akan Anda buat tahun ini, berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda!

1. Memilih mana yang berfungsi dan mana yang tidak

Lihat kembali daftar perencanaan yang sudah Anda susun tahun lalu maupun bulan lalu. Kemudian, coba Anda pikirkan satu hal besar yang harus bisa Anda capai tahun ini. Jika Anda sudah mendapatkan tujuan besar tersebut, mulailah untuk menyaring daftar perencanaan di masa lalu. Pilihlah bagian-bagian yang dapat Anda implementasikan untuk mencapai target ini dan hilangkan bagian-bagian yang tidak akan memberikan efek untuk target baru ini. Sehingga, tim Anda dapat membuat penyesuaian dengan baik untuk mendukung tercapainya target dan tujuan baru yang ingin dicapai tahun ini.

2. Mengurangi kesenjangan antar tim

Kesenjangan tugas, kesenjangan kemampuan dan kesenjangan data menjadi salah satu alasan yang dapat menggagalkan perencanaan yang sudah Anda susun. Dengan mengurangi kesenjangan ini, tim dapat bekerja dengan lebih merata antar tim. Keberhasilan leader mengurangi kesenjangan ini dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas tim untuk mengerjakan tugasnya sesuai perencanaan.

3. Memantau proses dan kinerja tim dengan sistem terpusat

Kesuksesan tim untuk menjalankan perencanaan dengan baik tidak lepas dari adanya pantauan dari leader. Untuk itu, leader harus segera membuat strategi yang dapat dipantau dari waktu ke waktu melalui sistem terpusat. Misal dengan menggunakan aplikasi CRM yang dapat digunakan untuk memantau sejauh mana proses yang sudah dicapai oleh tim sales Anda untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru dan juga untuk meningkatkan penjualan dari pelanggan yang sudah ada.

4. Mengikuti perkembangan dan tren pasar

Perencanaan yang Anda buat jangan terpaku pada apa yang sudah dicapai sebelumnya. Anda harus memiliki perencanaan yang lebih kuat untuk mencapai kesuksesan dengan mengikuti tren dan perkembangan yang terjadi di pasar. Jika perencanaan tidak sesuai dengan kondisi pasar, sudah pasti perencanaan tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Faktor-faktor pendukung ini merupakan bagian-bagian yang sangat mendasar untuk membantu mengembangkan perencanaan yang lebih efektif untuk bisnis Anda. Semoga tips ini bermanfaat untuk tim sales maupun tim marketing yang Anda miliki. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK