Return to site

3 Manfaat Dasar Sistem CRM Untuk Pemasaran

Memasarkan lebih tertarget, keberhasilan lebih mudah didapat! 

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,CRM

Di era transformasi dari manual ke digital seperti saat ini, memang tidak begitu mengejutkan apabila ada banyak marketer yang belum memahami manfaat dari implementasi sistem Customer Relationship Management (CRM). Di mana kebanyakan dari mereka masih merasa nyaman dengan excel atau dengan aplikasi data management manual lainnya. Sebagian diantaranya sudah mengenal sistem CRM, tetapi masih merasa nyaman dengan software yang digunakan saat ini dan enggan untuk berpindah pada CRM. Tidak ada yang salah memang dengan metode yang digunakan tersebut. Akan tetapi, potensi untuk memperbaiki pemasaran yang optimal terbuang sia-sia dan berpotensi kehilangan peluang untuk tumbuh dengan maksimal tiap tahunnya.

Untuk Anda yang saat ini masih belum mengetahui manfaat dari CRM untuk pemasaran atau mungkin Anda masih enggan menggunakan teknologi ini untuk membantu meningkatkan pemasaran, berikut adalah beberapa manfaat dari CRM yang akan menjadikan pekerjaan Anda lebih baik dan lebih efisien untuk memaksimalkan pemasaran.

1. Segmentasi

Apakah Anda dapat menghitung seberapa banyak jumlah pelanggan yang sudah didapatkan oleh perusahaan sejak pertama berdiri? Dari semua pelanggan yang ada, dapatkah Anda menghitung jumlah pelanggan di masing-masing kecamatan/kabupaten? Berapa banyak pelanggan usia 20-30 tahun dan 30 tahun ke atas? Jumlah penjualan dari masing-masing pelanggan? Untuk perusahaan dengan pelanggan 1-50 memang mudah menghitungnya, bagaimana kalau sudah lebih dari 500 lebih?

Semakin banyak pelanggan yang dimiliki tentu akan semakin sulit untuk membagi pelanggan berdasarkan profil maupun pembelian yang sudah dilakukan. Ketika sudah demikian, tim marketing akan semakin kesulitan membuat segmentasi pelanggan untuk keperluan pemasaran. Jika sudah demikian, pemasaran yang dilakukan menjadi kurang tepat dan berpotensi meleset. Namun, dengan sistem CRM, tim marketing dapat membuat segmentasi pelanggan dengan berbagai cara, diantaranya:

  • Kualitas data: Landasan utama kesuksesan pemasaran berada pada kualitas data. Dengan CRM, Anda dapat mengembangkan kualitas data yang lebih baik karena dapat diorganisir dengan baik.
  • Membuat pilihan: Ketika data yang dimiliki sudah berkualitas dan terstruktur dengan baik, maka tim akan lebih mudah dalam membuat pilihan strategi, produk, pesan atau prospek yang dinilai sesuai dengan kebutuhan pemasaran saat ini.
  • Mengelompokkan prospek dan pelanggan: Dengan CRM, tim sales dan tim marketing dapat mengelompokkan prospek dan pelanggan dengan lebih mudah. Sehingga, tidak perlu lagi mencari pelanggan yang sesuai kelompok satu per satu atau dengan memisahkan file daftar pelanggan.
  • Semua dalam satu dashboard:  Dengan sistem CRM, Anda dapat mengakses semua informasi pelanggan dalam satu jendela. Jika membutuhkan informasi pelanggan lebih detail, cukup satu klik data yang Anda inginkan sudah dapat diakses dalam beberapa detik. Bayangkan jika Anda membuat file excel dan lupa nama file yang dibuat? Bukankah Anda harus mencari file-file tersebut satu per satu? Berapa banyak waktu yang harus Anda buang untuk mencari informasi satu prospek/pelanggan?

2. Manajemen aktivitas

Kapan harus meeting, kapan harus follow up, kapan harus mengirimkan email marketing dan aktivitas-aktivitas lainnya. Semua harus berjalan dengan baik dan cepat. Jika tidak terorganisir, tentu akan ada banyak waktu yang terbuang hanya untuk menjalankan satu kali pemasaran.

3. Otomasi

Dengan sistem CRM, hal-hal yang dapat diatur secara otomatis oleh sistem tidak perlu lagi dilakukan secara manual oleh tim marketing. Contoh sederhana adalah lead scoring. Dengan CRM, ranking lead dapat diatur secara otomatis sehingga tim hanya perlu menyaring lead berdasarkan ranking pada sistem.

Itulah 3 manfaat dasar yang didapatkan dengan implementasi CRM untuk tim marketing. Jika Anda masih kurang puas dengan artikel ini, silakan hubungi tim kami melalui email di hi@sales1crm.com. Tim kami akan memberikan panduan, saran dan rekomendasi untuk memilih sistem CRM yang tepat untuk Anda. Jika Anda memilih sitem CRM dari kami, tim kami akan memberikan pelatihan secara gratis kepada tim Anda untuk memastikan bahwa mereka paham cara mengoperasikan sistem CRM dengan baik dan benar.

Jika Anda ingin langsung mencoba sistem CRM dari kami, Anda dapat request demo CRM secara gratis dengan mengirimkan pesan melalui halaman ini.

Ilustrasi (c) Property of Sales1CRM.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly