Return to site

4 Hal Dalam Negosiasi Yang Harus Anda Kuasai

Teknik menguasai negosiasi

· Tips Sales

Sebelum Anda berbicara tentang kesepakatan, tugas paling penting terdapat pada pengkajian negosiasi yang akan Anda lakukan sebelum closing. Banyak pertanyaan yang akan diajukan oleh prospek, jika tidak bisa menjawab, maka Anda tidak akan bisa menutup negosiasi dengan kesepakatan. Pelajari binis yang Anda geluti saat ini dan bagaimana produk Anda menurut prospek. Pengaruhi pikiran mereka dengan negosiasi yang baik.

 

Untuk bisa menguasai keadaan saat Anda bernegosiasi, berikut adalah hal-hal yang harus Anda kuasai.

 

1. Mengikuti permainan prospek, kuasai di akhir permainan

Kebanyakan salesperson merasa bahwa ia yang memiliki produk harus menjadi orang yang berkuasa dari awal sampai akhir. Jika Anda berasumsi bahwa Anda adalah pemimpin dari prospek, artinya Anda berada pada posisi yang salah. Jadilah salesperson yang lebih proaktif dalam negosiasi dan mengikuti peran prospek dan bermainlah. Ibarat bermain sepakbola, ketika Anda terus melakukan serangan, belum tentu Anda akan mencetak goal. Tetapi, ketika Anda bertahan dan mengikuti permainan lawan, Anda dapat mencetak goal dengan memberikan serangan balik pada waktu yang tepat.

 

2. Periksa kembali bahan negosiasi Anda

Dalam negosiasi, Anda harus memeriksa kembali bahan-bahan yang akan Anda bawa sebagai persiapan. Jangan menyepelekan hal-hal apapun yang berkaitan dengan negosiasi. Karena, kita tidak pernah tahu kapan prospek akan mempermasalahkan hal sepele sebagai sesuatu yang fatal.

 

3. Bersikap adil

Anda tidak boleh membedakan prospek berdasarkan status apapun terutama membedakan kualitas Anda sebagai negosiator berdasarkan tingkat bisnis prospek. Karena Anda tidak akan tahu kapan prospek akan tumbuh atau akan terjatuh. Bersikap adil sejak awal akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperbesar peluang untuk mendapatkan komitmen dari prospek.

 

4. Keep calm and stay cool

Dalam negosiasi selalu ada agenda yang tidak berhubungan dengan produk seperti ego dan emosi. Negosiator profesional memahami bagaimana cara mereka untuk bersikap tenang, menjaga lead dan memberikan solusi. Seberapa kecewa Anda terhadap prospek, Anda harus tetap memperhatikan mereka dengan baik. Anda harus menguasai apa yang harus Anda lakukan dalam negosiasi tersebut agar Anda dapat mengakhiri negosiasi dengan penjualan.

 

Itulah hal-hal yang harus Anda kuasai dalam negosiasi yang dapat kami berikan. Poin mana yang pernah Anda lakukan untuk negosiasi yang sukses? Silakan tinggalkan komentar Anda disini. Jangan lupa untuk menyimpan data negosiasi Anda dalam CRM untuk memudahkan kerja Anda di masa depan. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Ilustrasi (c) Flickr.com Creative Commons

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK