Return to site

Kesalahan & Cara Memperbaiki Presentasi

Meminimalisir kesalahan dalam presentasi

· Tips Presentasi

Ketika seseorang memikirkan kesalahan saat berbicara di depan calon pelanggan dalam presentasi, mereka biasanya terkesan bingung dan merasa canggung untuk melanjutkan presentasinya. Kejadian seperti ini tidak hanya dialami oleh 1-2 orang saja, tetapi juga dialami oleh banyak salesperson. Kesalahan seperti ini terkadang menjadi sebuah bencana besar bagi salesperson yang sedang mempresentasikan produk di depan umum. Tetapi ini bukan hal yang harus dijauhi apalagi ditinggalkan begitu saja.

Salesperson harus sanggup mengubah kesalahan tersebut untuk menjadi hal yang dapat mengembalikan kepercayaan prospek. Caranya adalah memperbaiki presentasi lanjutan setelah kesalahan tersebut dan juga dengan memperbaiki gaya presentasi yang sering melakukan kesalahan dengan lebih berhati-hati.

Terlepas dari kesalahan teknis seperti audio yang tiba-tiba tidak bersuara, listrik padam dan lain sebagainya, berikut adalah 3 kesalahan utama salesperson saat presentasi dan cara memperbaikinya agar presentasinya lebih baik.

1. Presentasi adalah tentang audiens, bukan tentang siapa Anda

Ketika prospek bercerita tentang masalah-masalah yang ia hadapi, tentu ia akan sangat mudah dalam memberikan jawaban kepada Anda. Akan tetapi, ketika ia ditanya tentang bagaimana dengan presentasi Anda, kemungkinan ia akan mengatakan baik atau cenderung terdiam. Bukan karena mereka tidak mendengarkan atau tidak melihat presentasi Anda, tetapi karena mereka ragu untuk menjawab apakah presentasi Anda memang sesuai untuk mereka atau tidak.

Untuk menghindari kejadian tersebut, yang perlu Anda perbaiki adalah konten yang Anda muat adalah sesuatu yang berhubungan dengan prospek. Presentasi yang efektif adalah yang memuat konten tentang prospek bukan tentang siapa Anda dan produk Anda.

2. Anda lah yang menjadi titik presentasi, bukan ruangan dan dekorasi

Kebanyakan dari presenter bingung dengan dekorasi ruangan yang akan menjadi tempat presentasi berlangsung. Padahal, ruangan dan dekorasi adalah bagian kesekian dari bagian pokok presentasi. Hindari persiapan ruangan yang berlebihan dan perbaiki dengan memfokuskan pada diri sendiri.

Banyak salesperson yang tidak sadar bahwa fokus prospek saat presentasi adalah pada presenter dan materi bukan pada tempat. Oleh karena itu, mulai dari sekarang perbaiki diri Anda dan materi yang akan diberikan kemudian pikirkan tentang ruangan Anda.

3. Presentasi adalah dialog, bukan monolog

Apakah Anda menjadi presenter yang hanya fokus untuk berbicara panjang lebar sendiri tanpa memikirkan audiens? Jika ia hentikan kebiasaan Anda tersebut. Mulailah untuk mulai memikirkan orang yang ada dihadapan Anda. Anda di depan memang sendirian, bukan berarti Anda bebas berbicara sendiri tanpa menghiraukan audiens atau prospek yang berada di depan Anda.

Itulah kesalahan presentasi dan cara memperbaikinya yang dapat kami berikan untuk Anda. Apabila ada tips lain yang ingin Anda bagikan, silakan tuliskan tips Anda pada kolom komentar dibawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com