Return to site

4 Hal Penting Sebelum Perusahaan Beralih Menggunakan Cloud

Jangan asal menggunakan cloud

· News

Cloud merupakan teknologi yang cukup memberikan kemudahan pengolahan data bagi perusahaan maupun individu. Kehadiran teknologi ini menjadikan perusahaan, tim maupun perorangan dapat mengakses data dengan mudah dan dapat melakukan pembaruan seketika tanpa harus berpindah perangkat. Meskipun cloud memberikan kemudahan seperti yang kami sebutkan, bukan berarti perusahaan boleh untuk tidak memperhatikan hal-hal apa saja yang harus dijadikan tolok ukur sebelum memindahkan data atau menggunakan layanan cloud sebagai tempat penyimpanan data.

 

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan sebelum memutuskan untuk menggunakan/memindahkan data ke teknologi cloud:

 

1. Apa yang ingin Anda capai dari penggunaan teknologi cloud

Tidak ada alasan bagi Anda untuk menggunakan teknologi cloud sebagai penyimpanan data perusahaan hanya karena sebatas untuk mengikuti tren teknologi. Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan mengapa Anda harus menggunakan cloud. Sebagai contoh, untuk data keuangan, apa yang menjadi alasan mengapa Anda harus menyimpan data keuangan ini pada cloud. Apakah untuk meningkatkan keamanan data, fleksibilitas atau alasan-alasan lainnya.

 

2. Gunakan teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda

Ada banyak model teknologi cloud, mulai dari public, private maupun hybrid. Anda harus fokus dalam memilih model cloud terlebih dahulu. Apakah akan cenderung memilih private maupun yang hybrid. Karena ini untuk perusahaan, tentu sangat tidak mungkin untuk menggunakan public dengan alasan keamanan. Setelah memilih model, selanjutnya dari sisi hardware dan keamanan. Sesuaikan semuanya dengan kebutuhan pada bisnis Anda.

 

3. Jangan hanya berpikir tentang perusahaan, pastikan tim Anda paham dengan cloud

Perusahaan yang berencana untuk menggunakan cloud tentu sudah memiliki pengetahuan akan teknologi ini. Tetapi, apakah Anda yakin tim yang dimiliki juga paham dengan teknologi ini? Oleh karena itu, sebelum melakukan pemindahan data pada sistem cloud, latihlah tim Anda untuk mempelajari lebih jauh tentang cloud. Sehingga, ketika Anda sudah memindahkan data pada cloud, tim sudah memiliki kesiapan dan paham dengan alur yang harus mereka lakukan.

 

Pelatihan sebelum implementasi cloud berjalan jauh lebih baik dibandingkan memberikan pelatihan setelah penggunaan cloud berlangsung. Itulah alasan mengapa Anda perlu memberikan bimbingan pada tim sebelum memutuskan untuk menggunakan cloud.

 

4. Mengajarkan keamanan pada tim

Ajarkan tim Anda untuk belajar menjaga keamanan akun yang diberikan serta untuk tidak membuka email-email maupun website yang berpotensi akan mencuri nama pengguna dan password yang dimiliki. Selain untuk berhati-hati dalam mengakses website berbahaya, berikan kesadaran tim Anda untuk tidak penggunaan software bajakan dan juga menghindari penggunaan password yang berpotensi mudah ditebak.

 

Cloud bukan hanya tentang teknologi, tetapi Anda harus memikirkan bagaimana agar semua elemen dalam perusahaan mampu memahami bagaimana cara meningkatkan efisiensi, determenasi dan fleksibilitas pengolahan dan pembaruan data perusahaan.

Ilustrasi (c) Pexels.com