Return to site

4 Hal Tentang Sales Yang Perlu Diketahui Salespeople

Menjadi sales sukses dengan tips ini

Berusaha meningkatkan penjualan ditengah lemahnya minat pelanggan tentu akan menjadi usaha yang lebih berat bagi salespeople. Tetapi, dengan strategi yang tepat, kondisi tersebut tidak lagi menjadi masalah. Selain strategi yang baik untuk bisnis, perusahaan juga harus memperhatikan bagaimana proses penjualan itu terjadi.

Ada empat hal yang perlu diperhatikan jika perusahaan ingin terus meningkatkan penjualannya. Terutama untuk sales business to business (B2B). Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan tersebut

1. Menjaga proses tetap sederhana

Setiap perusahaan memiliki proses penjualan yang berbeda-beda. Ada proses yang cukup panjang dan rumit, ada pula proses yang lebih sederhana yang tidak memakan waktu panjang untuk bisa memproses penjualan. Contoh paling sederhana adalah bagaimana ketika Anda mengunjungi sebuah bazaar. Anda yang saat itu bukan prospek dari tenant-tenant yang mengikuti event tersebut, pada akhirnya menjadi salah satu pembeli ketika menemukan produk yang Anda butuhkan. Lumrahnya, proses yang dijalankan ialah, Anda mulai memilih produk, menanyakan harga, menawar (jika bisa menawar) dan kemudian membayar.

Dengan pola tersebut, tentu pelanggan akan lebih suka karena tidak membutuhkan waktu yang panjang untuk proses pembelian. Begitu pula ketika Anda berada pada posisi sebagai sales. Anda hanya perlu menyederhanakan proses pada sales pipeline yang Anda miliki agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama.

2. Jadilah lebih berharga dan tak ternilai

Satu hal yang dapat menjadi sesuatu yang tidak ternilai harganya dan begitu berharga ialah sebuah hubungan. Dengan membangun hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan Anda telah berhasil menjadikan bisnis Anda yang tidak ternilai harganya.

Menjaga hubungan disini dapat meliputi mencoba bertanya bagaimana bisnis pelanggan Anda setelah menggunakan produk/layanan Anda? Apa saran untuk Anda agar tetap menjadi pilihan pelanggan? Menjadi terhubung dengan pelanggan membutuhkan cara yang sederhana, karena tidak mungkin Anda menyimpan semua kontak pelanggan pada handphone atau dengan memanfaatkan spreadsheet. Cara paling sederhana untuk menjaga hubungan dengan pelanggan ialah menerapkan CRM untuk bisnis Anda.

3. Selalu selaras dengan tujuan bisnis pelanggan

Mengikuti kebutuhan pelanggan adalah sebuah keharusan jika Anda ingin meningkatkan penjualan. Ketika produk Anda tidak lagi sesuai dengan kebutuhan pelanggan, mereka pun akan mulai mencari produk/layanan lain yang lebih selaras dengan bisnisnya.

4. Memilih prioritas

Prioritas disini bukan hanya berkaitan dengan penjualan Anda, tetapi juga untuk pelanggan Anda. Penjualan akan selalu menunjukkan hasil yang baik jika Anda dapat memilih prospek yang baik, memilih prospek prioritas dan menjaga hubungan lebih baik dengan pelanggan prioritas.

Itulah cara menjaga penjualan yang perlu Anda ketahui. Ikuti terus blog kami untuk mendapatkan tips-tips sales, marketing dan CRM. Caranya dengan mendaftarkan email Anda pada kolom Subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pexels.com