Return to site

Mengapa Harus Fokus Pada Nilai Produk/Layanan?

Pentingnya nilai sebuah produk

Sering kali kami menyebutkan kepada Anda bagaimana menjual nilai dari produk Anda dibandingkan dengan bagaimana Anda menjual produk dengan memperhitungkan harga untuk pelanggan. Mungkin, dari sekian banyak pembaca masih banyak yang belum memahami tentang mengapa harus menjual nilai daripada fokus pada harga.

 

Menjual nilai produk akan lebih memberikan keuntungan yang lebih baik dan meningkatkan peluang closing deal lebih baik dibandingkan dengan berperang melawan harga dari kompetitor. Ketika Anda mengikuti perang harga yang terjadi pada kompetitor, itu berarti Anda kalah dan juga membuktikan bahwa Anda tidak yakin dengan produk yang Anda jual kepada pelanggan Anda.

 

Sebagai contoh, jika Anda perhatikan, produk branded misal sepatu olahraga dengan produk biasa meski produknya sama yakni sepatu olahraga, produk branded dapat dijual dengan harga yang lebih mahal. Contoh lain, sama-sama nasi goreng, di restoran bisa mencapai Rp50.000 per porsi, sedangkan di warung tegal hanya Rp10.000 per porsi.

 

Dari kedua contoh diatas, Anda pasti dapat memahami karena nilai dibalik produk yang mereka tawarkan memberi pengaruh luar biasa pada harga. Jika Anda berperang melawan harga, maka Anda akan kalah dalam persaingan bisnis. Mengapa? Semakin mengikuti penawaran harga terkecil untuk tetap bertahan, semakin kecil pula keuntungan yang Anda dapatkan.

 

Tetapi, jika Anda bertahan dengan lebih fokus pada nilai, Anda dapat menentukan harga sesuka hati tanpa khawatir dengan perang harga yang terjadi pada kompetitor. Dari kedua contoh yang telah kami berikan, apakah Anda dapat memberi sedikit contoh nilai dari produk-produk tersebut?

 

Kami akan memberikan sedikit detail mengapa nilai produk/layanan itu jadi penting. Ketika Anda membeli sepatu olahraga bermerek/branded nilai yang ditawarkan oleh produk tersebut ialah, awet, ringan dan bahan berkualitas. Dengan nilai tersebut mereka membuktikan pada setiap produknya. Sehingga harga tinggi bukan lagi masalah bagi pelanggannya. Begitu pula dengan nasi goreng di restoran yang mahal, nilai mereka ialah tempat bersih, nyaman, dilengkapi sayur organik, terbuat dari beras organik dan lain sebagainya. Dengan nilai tersebut pelanggan merasa bahwa harga mahal memang pantas untuk nasi goreng tersebut terlebih lagi terbuat dari bahan yang menyehatkan untuk tubuh.

 

Itulah mengapa kami menyarankan Anda untuk lebih memperhatikan nilai dari produk Anda dibandingkan harus berperang melawan harga. Kami akan memberikan pembahasan lebih lanjut mengenai cara menjual produk berdasarkan nilai kepada pelanggan. Ikuti terus blog kami untuk mendapatkan informasinya. Caranya cukup dengan daftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini. Anda juga dapat menambahkan komentar jika ada hal lain yang menurut Anda perlu ditambahkan.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK