Return to site

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menjalankan Relationship Marketing

· Tips Marketing

Tujuan pemasaran berbasis hubungan atau yang dikenal dengan relationship marketing merupakan sebuah strategi pemasayang yang dilakukanbukan untuk melakukan transaksi, tetapi untuk membangun loyalitas dan keterlibatan pelanggan jangka panjang. Pemasaran dengan menggunakan metode ini telah terbukti mendorong prospek baru pada tingkat yang lebih baik daripada upaya tradisional. Membangun hubungan ini akan berhasil apabila Anda menganut metode komunikasi dalam bentuk komunikasi dua arah yang mana pelanggan menjadi narasumber utama dalam komunikasi untuk memberikan informasi terkait masalah dan kebutuhan yang mereka butuhkan. Berikut ini cara menggunakan pemasaran berbasis hubungan & menerapkannya untuk perusahaan Anda.

1. Membangun Kredibilitas

Sebelum Anda mengharapkan calon pelanggan tertarik untuk membangun hubungan dengan perusahaan Anda, Anda harus membangun kredibilitas dan kepercayaan terlebih dahulu. Anda harus bisa menjadi menjadi pusat perhatian bagi pelanggan dan prospek untuk industri Anda dengan mengembangkan profil pribadi Anda sebagai pemimpin bisnis yang tepat untuk mereka.

2. Menggunakan Data Untuk Menemukan Pelanggan atau Target Yang Tepat

Sangat penting bagi Anda untuk selalu tersedia bagi pelanggan saat mereka membutuhkan Anda. Dengan menggunakan data untuk menyegmentasikan target audiens, Anda dapat mengidentifikasi prospek Anda melalui setiap tahap yang dijalani dalam siklus pembelian. Untuk mengembangkan hubungan emosional yang kuat dengan pelanggan tentunya Anda perlu mengetahui apa yang mereka inginkan, kapan dia menginginkannya dan bagaimana dia menginginkannya. Penggunaan platform pendukung relationship marketing seperti Customer Relationship Management (CRM) memungkinkan hal ini dan dengan menganalisis cara prospek menggunakan situs web dan konten Anda, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang mereka yang lebih berkualitas.

3. Fokus pada Keterlibatan Pelanggan

Komunikasi satu arah tidak lagi cocok untuk pemasaran. Itulah mengapa pemasaran masuk telah menjadi praktik yang dinamis dalam lingkungan bisnis saat ini. Libatkan klien Anda melalui kontak reguler, komunikasi dan lain sebagainya yang dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan-pelanggan Anda. Ini tentu akan berimbas positif untuk menjalin hubungan yang baik serta untuk menghasilkan penjualan di masa yang akan datang.

4. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Setelah Anda berhasil membangun hubungan dengan klien, penting untuk menemukan cara untuk membuatnya tetap puas. Terlepas dari kebutuhan untuk memberikan layanan pelanggan yang berkualitas, Anda dapat menggunakan platform CRM untuk meningkatkan hubungan jangka panjang. Beberapa cara untuk melakukannya termasuk program loyalitas, promosi khusus, insentif referral dan penghargaan lainnya. Ini menciptakan rasa hubungan timbal balik dua arah, membangun kesetiaan pelanggan dan menjadikan Anda penyedia pilihan pertama klien dalam segala situasi. Dan itulah cara terbaik untuk mendorong prospek baru.

Ilustrasi (c) Unsplash.com