Return to site

Kompetisi Bukan Alasan Anda Gagal Dalam Penjualan!

· Tips Sales,Sales Training

Kompetisi selalu menjadi asalan salesperson yang gagal menjual. Ini merupakan alasan yang paling mudah untuk dikatakan ketika ia kembali ke kantor tanpa menghasilkan penjualan satu pun hari ini. Bagaimana tidak, mereka mulai menjadikan kompetitor sebagai penyebab kegagalannya dalam penjualan karena mereka menawarkan harga yang murah atau sebagainya. Hal ini adalah alasan klasik yang sebenarnya sudah tidak bisa dijadikan alasan lagi. Pasalnya, kompetisi bukanlah alasan mengapa Anda gagal dalam penjualan.

Coba bandingkan antara bagaimana perusahaan memberikan harga suatu produk mulai dari yang menawarkan harga lebih rendah dengan harga yang lebih mahal. Yang kita bicarakan adalah produk atau layanan yang sama dengan yang Anda jual. Dari dua perusahaan yang menjadi kompetitor Anda tersebut, antara yang menawarkan harga yang mahal dan yang lebih murah dari produk Anda, mengapa mereka mampu menghasilkan penjualan? Harga murah, pasti akan dibeli pelanggan, karena lebih hemat. Itu bisa menjadi alasan Anda. Tapi, bagaimana dengan yang menawarkan harga lebih mahal? Mengapa mereka dapat menjual, sedangkan Anda tidak? Seharusnya harga yang Anda tawarkan lebih murah daripada mereka! Apakah Anda sudah memiliki jawabannya?

Dari sini, kompetisi tidak lagi bisa dijadikan alasan kegagalan Anda. Ini tentang layanan, kebutuhan, kualitas serta loyalitas. Bagaimana tidak, coba posisikan diri Anda sebagai pelanggan terhadap satu brand. Kenapa Anda bersedia membeli produk dari brand tersebut, sedangkan yang lebih murah banyak? Kami yakin, ada nilai yang telah Anda dapatkan dari produk tersebut, sehingga Anda bersedia membeli produk tersebut meskipun lebih mahal.

Dari nilai inilah yang kemudian akan didapatkan poin-poin yang telah kamis sebutkan yaitu tentang layanan, kebutuhan, kualitas dan loyalitas yang diberikan oleh brand terhadap Anda. Ketika Anda gagal menjual suatu produk, jangan pernah menyalahkan kompetisi yang terjadi. Tetapi, ingatlah nilai apa yang ingin Anda berikan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Ketika nilai yang Anda tawarkan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh mereka, maka penjualan tidak akan pernah terjadi.

Kegagalan dalam penjualan dan menyalahkan kompetisi adalah hal yang sudah tidak bisa diandalkan lagi. Anda harus bisa berjalan di atas market Anda sendiri. Kompetitor memiliki target market yang ingin mereka kejar, maka Anda juga harus punya target tersebut. Setiap pasar memiliki kebutuhan dan target yang berbeda-beda, adalah tugas Anda untuk menemukan mereka agar produk Anda bisa terjual. Sekali lagi, persaingan memang ketat, tapi bukan alasan kegagalan yang Anda alami. Perbaiki kualitas, penuhi kebutuhan dan ciptakan nilai dari produk Anda, maka Anda bisa menjual tanpa harus sibuk memikirkan kompetisi yang ada di hadapan Anda. Perkuat loyalitas Anda kepada pelanggan dengan menjaga hubungan baik dengan mereka. Maka Anda juga akan mendapatkan loyalitas dari pelanggan-pelanggan Anda. Sistem CRM akan membantu Anda mengelola hubungan baik dengan pelanggan-pelanggan Anda dan memperbaiki pengetahuan Anda terhadap kebutuhan pelanggan dan untuk menemukan target pelanggan yang tepat sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com