Return to site

Sales Training: Pencapaian Target/Goal Bergantung Pada Usaha Anda!

· Sales Training

Ada perbedaan antara menginginkan sesuatu dan memiliki tujuan yang sedang Anda kejar. Misalnya, kebanyakan dari kita semua pasti pernah berpikir dan menginginkan untuk memiliki lebih banyak uang. Karena satu hal ini, sebagian kecil dari kita ini cukup termotivasi oleh gagasan untuk mengambil tindakan guna menghasilkan lebih banyak pendapatan. Setiap orang ingin memiliki kondisi fisik yang prima, tetapi hanya sedikit yang mau menginvestasikan waktu dan energi mereka untuk melakukan aktivitas yang mendukungnya. Bagaimana tidak, banyak orang ingin sehat, pagi pagi ia tidur, daripada memilih olahraga sebelum berangkat kerja, sore pun beralasan capek sehingga pada akhirnya ia tidak olahraga bahkan untuk waktu 10 menit saja.

Dari dua contoh tersebut, Anda akan melihat perbedaan antara usaha dan keinginan yang ingin dicapai. Ketika Anda melihat hasil dari apa yang Anda hasilkan saat ini, tingkat usaha Anda saat inilah yang akan memberikan hasil tersebut. Jika Anda berusaha lebih sedikit untuk hasil yang Anda inginkan, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih sedikit. Tentu saja, jika Anda berusaha lebih keras pada apa yang Anda inginkan, Anda akan maju untuk bisa menuju hal-hal tersebut dan mencapainya bukan lagi hal yang tidak mustahil lagi.

Upaya/usaha yang Anda berikan akan menunjukkan hasilnya!

Upaya yang Anda kerahkan untuk memiliki sesuatu merupakan indikasi betapa Anda sangat menginginkannya. Bahkan jika Anda mengatakan bahwa Anda benar-benar menginginkan sesuatu, usaha Anda mengungkapkan kebenaran akan hal tersebut. Anda yang cukup termotivasi untuk mendapatkannya dan menunjukkan upaya yang maksimal, maka hasil yang Anda dapatkan adalah yang terbaik akan keinginan tersebut. Hal serupa juga akan Anda rasakan ketika Anda menjadi seorang salesperson. Anda ingin menghasilkan penjualan, maka cobalah untuk melihat usaha/upaya yang akan Anda gunakan untuk bisa mencapai penjualan tersebut. Dalam setiap proses kita akan menemukan berbagai macam metode untuk bisa mencapainya, seperti:

  • Mencapai penjualan dengan usaha yang ribet dan memakan waktu

  • Mencapai penjualan dengan usaha yang efektif dan memakan waktu

  • Mencapai penjualan dengan usaha yang efektif dan efisien yang mengedepankan produktivitas

Dari tiga poin di atas, yang mana yang menjadi gambaran tentang diri Anda? Inilah yang sering kali dilupakan oleh seorang sales. Bahkan, tak sedikit pula dari mereka yang mempertahankan metode penjualan seperti pada poin pertama. Hasilnya, mereka membuang lebih banyak waktu daripada mendapatkan penjualan. Semua ini berawal dari proses yang mereka lakukan yang tidak mengedepankan keinginan untuk bekerja efektif dan efisien untuk meningkatkan produktivitasnya dalam menghasilkan penjualan.

Dari setiap proses memang membutuhkan pembelajaran, dari sini Anda akan menemukan sistem CRM yang dikembangkan untuk memberikan jalan kepada Anda agar bisa mencapai penjualan yang efektif, efisien dan tentunya dapat meningkatkan produktivitas Anda agar bisa mencapai tujuan/goal yang ditetapkan oleh perusahaan. Penggunaan CRM secara maksimal merupakan tanggung jawab Anda sebagai salesperson agar bisa mencapai usaha yang efektif tersebut. Sistem yang bekerja pada data tentunya akan bergantung dari usaha salesperson untuk memasukkan data yang berkualitas pada sistem. Tanpa data yang berkualitas, maka efisiensi yang diinginkan hanyalah sebatas keinginan yang tidak akan bisa mencapai hasil maksimal. Namun, jika salesperson mampu memaksimalkan sistem CRM dan memperbaiki kinerja dalam melayani pelanggan serta menjaga hubungan pelanggan dan memasukkannya pada data yang lebih berkualitas, maka usaha Anda ini akan memberikan hasil yang maksimal pula, bukan hanya sebatas keinginan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com