Return to site

4 Layanan Cloud Yang Paling Paling Sesuai Untuk Bisnis Kecil/Startup

Teknologi yang menunjang untuk bisnis yang sukses dengan harga murah

4 Layanan Cloud Yang Paling Paling Sesuai Untuk Bisnis Kecil/Startup

Masalah utama yang dihadapi oleh startup maupun bisnis kecil untuk mulai Going Digital adalah budget atau software yang dapat membantu memudahkan usahanya. Tetapi, seiring dengan berkembangnya bisnis dan kompetisi yang semakin ketat di Indonesia, tentu sangat diperlukan perubahan-perubahan yang lebih dinamis seperti upgrade downgrade sistem sesuai kebutuhan. Canggihnya teknologi turut membantu pelaku bisnis untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Sesuatu yang dulunya mahal dan hanya bisa dimiliki oleh perusahaan besar, saat ini sudah dapat dinikmati juga oleh startup maupun bisnis kecil dengan biaya yang lebih murah.

Cloud Computing, itulah teknologi yang sangat membantu startup maupun bisnis kecil meningkatkan produktivitas perusahaan. Ada banyak sekali macam layanan cloud yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. Berikut sebagian kecil dari layanan cloud yang dapat Anda manfaatkan:

1. Software web toko online (e-Commerce)

Memiliki toko online saat ini tidaklah semahal dulu lagi. Jika menerapkan cara tradisional (On-Premise), Anda tentu membutuhkan banyak uang agar sistem website berjalan dengan baik. Seperti, Anda harus merekrut programmer, menyewa server, merekrut designer website dan kebutuhan-kebutuhan website lainnya. Sedangkan software toko online yang berbasis cloud dapat Anda manfaatkan dengan cara yang lebih sederhana. Anda tidak perlu lagi menggaji programmer, designer atau menyewa server sendiri. Cukup memilih layanan yang paling sesuai untuk bisnis Anda, maka website Anda dapat segera di luncurkan.

2. Software keuangan

Jika Anda tidak memiliki keahlian akuntansi, jangan khawatir Anda tidak dapat merekam semua data keuangan Anda. Anda dapat memanfaatkan layanan cloud untuk akuntan yang dapat dihandle oleh satu atau dua orang. Dengan cara ini tentu Anda bisa melakukan perekaman data keuangan sendiri jika memang Anda merasa belum bisa merekrut seorang akuntan.

3. Software otomasi pemasaran (Marketing Automation)

Jika Anda ingin menerapkan sistem marketing yang lebih sederhana tanpa harus merekrut banyak orang untuk tim sales dan marketing Anda, Anda dapat memanfaatkan layanan cloud otomasi marketing. Dengan sistem ini Anda dapat menciptakan prediksi dari akusisi pelanggan Anda. Jika bisnis Anda sudah berkembang, bukan berarti sistem ini harus Anda tinggalkan. Anda harus tetap menggunakan layanan ini untuk meningkatkan produktivitas tim Anda.

4. Sistem CRM

Jika Anda merasa memiliki CRM harus mengeluarkan biaya yang sangat besar, maka apa yang Anda pikirkan ini adalah pemikiran yang salah. Karena, saat ini sistem CRM yang berbasis cloud dapat Anda gunakan dengan biaya yang lebih rendah. Anda cukup memilih CRM yang paling sesuai dengan budget Anda saat ini. Jika Anda merasa bahwa memerlukan yang lebih, maka Anda dapat mengupgrade layanan.

Anda juga harus memperhatikan apa kebutuhan penting dari CRM Anda? Apakah Anda hanya perlu CRM untuk diakses di PC/Laptop atau yang bisa Anda akses dari smartphone? Jika Anda memerlukan CRM yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun, maka Anda harus memilih CRM yang sudah tersedia pada smartphone atau yang mudah diakses melalui smartphone.

Semua layanan cloud yang telah kami sebutkan diatas adalah layanan yang dapat Anda ubah sesuai kebutuhan Anda kapanpun. Untuk melakukan perubahan baik upgrade maupun downgrade dapat Anda lakukan secara instant. Hanya saja, semua tergantung provider yang Anda pilih. Karena ada kalanya provider cloud tidak melayani downgrade.

Ilustrasi (c) Pixabay.com | Unsplash.com