Return to site

4 Pola Mendukung Pertumbuhan dan Meningkatkan Kinerja

· Tips Sales

Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh sales dan leader untuk mendukung pertumbuhan dan meningkatkan kinerja tim secara kesluruhan. Namun, banyak pula dari sales, leader maupun owner sekalipun menemukan kesulitan untuk memulainya. Ketika mereka terlambat untuk menjalankan apa yang seharusnya dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan peningkatan kinerja tim, maka saat itu pula mereka tertinggal dari kompetitor. Pada kesempatan kali ini, Sales1 akan memberikan beberapa pola yang dapat mendukung pertumbuhan dan peningkatan kinerja tim dan bisnis Anda secara keseluruhan.

1. Lebih Proaktif

Anda harus menjadi seoang sales maupun leader yang lebih proaktif untuk mengawasi proses penjualan yang terjadi. Anda juga perlu melakukan Analisa untuk menemukan kelemahan dan kekuatan dari kompetitor. Penelitian akan memberikan kesempatan untuk menjadi proaktif daripada reaktif pada saat Anda sudah mulai bersaing dengan kompetitor. Maka dari itu, sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk menjadikan penelitian sebagai kebiasaan. Penelitian dapat mengungkapkan tantangan potensial. Investasikan waktu setiap hari, targetkan 1-2 jam sehari, dalam penelitian dengan membaca artikel, mendengarkan podcast, menghadiri webinar, berbicara dan bertemu dengan pelanggan dan supplier (jika ada) ini akan membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak informasi untuk Anda simpan sebagai data. Ini juga dapat menjadi proses pertumbuhan peningkatan kinerja kerangka kerja manajemen bisnis efektivitas pemasaran, penjualandan wawasan yang lebih kompetitif

2. Perencanaan untuk menjadi pemenangan dalam kompetisi

Ingat, gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal, itulah sebuah ungkapan yang sering kita dengar. Sangat mudah bagi para pelaku bisnis untuk terjebak ke dalam pusaran kehidupan sehari-hari. Kurangnya strategi dan rencana sama dengan berencana untuk gagal. Jika saat ini Anda tidak memiliki strategi dan perencanaan bisnis, sekaranglah saatnya untuk membuatnya. Mulailah dengan menganalisis kinerja saat ini dan mengidentifikasi mengapa segala sesuatunya berjalan seperti yang mereka lakukan. Ini memberikan wawasan tentang pola Anda saat ini dan kesempatan untuk menganalisis mana yang berfungsi, mana yang tidak, dan penyesuaian apa yang diperlukan.

3. Siap dengan segala kemungkinan (mempersiapkan skenario kondisi)

Skenario membantu Anda mempertimbangkan kemungkinan dan mengantisipasi apa yang mungkin terjadi di pasar Anda dan pergerakan oleh pelanggan, pesaing, atau mitra Anda. Analisis skenario memungkinkan Anda mengembangkan kemungkinan (memungkinkan Anda untuk lebih proaktif). Anda tidak dapat membuat terlalu banyak kemungkinan. Libatkan tim Anda setiap minggu untuk menganalisa hasil yang sudah didapat, tantangan apa yang sedang mereka hadapi, dan bagaimana jika mereka menemukan kesulitan bagaimana cara mengatasinya. Semua hal ini perlu Anda persiapkan. Ketika hal tersebut benar-benar terjadi, Anda sudah memiliki solusi untuk bergerak.

4. Pelatihan untuk semua tim

Pelatihan akan membantu tim Anda untuk menjadi tim yang lebih berpengalaman dan juga lebih dewasa. Artinya, mereka akan lebih mudah untuk menganalisa semua proses penjualan. Mereka juga akan lebih siap untuk menjalankan bisnis Anda dengan setiap kemungkinan yang akan terjadi. Pelatihan juga akan menambah wawasan tim Anda, sehingga mereka dapat menerapkan poin 1 – 3 dengan baik. Ketika semua sudah mereka kuasai, Anda telah memiliki tim yang dapat menjaga pola bisnis Anda untuk tetap berada di depan.