Return to site

5 Cara Bagaimana Agar Bisnis Anda Menjadi Lebih Baik Dengan CRM

· CRM Software,CRM Di Indonesia

Hubungan pelanggan adalah kunci pertumbuhan perusahaan Anda. Jadi, Anda harus bisa mengelolanya seefisien dan seefektif mungkin. Berikut ini bagaimana teknologi manajemen hubungan pelanggan atau yang dikenal dengan CRM dapat membantu Anda terhubung dengan pelanggan, meningkatkan kinerja bisnis, dan mengembangkan perusahaan Anda lebih besar dan lebih cepat dari sebelumnya:

1. Temukan pelanggan yang tepat

Anda telah menghabiskan waktu dan sumber daya untuk menarik dan menghasilkan prospek baru, tetapi sekarang bagaimana? Waktu sangat penting ketika Anda ingin bisnis tumbuh dengan cepat. Manfaatkan alat pemasaran Anda seperti email, sosial media dan alat otomatisasi pemasaran, dan menghubungkannya ke platform CRM. Baik sales dan marketing akan memiliki pandangan lengkap tentang prospek dan pelanggan sehingga mereka dapat membuat dan menargetkan komunikasi yang menarik untuk mengubah prospek menjadi pelanggan dan menjangkau pembuat keputusan utama dengan lebih cepat.

2. Bangun hubungan yang lebih berkelanjutan

Kembangkan pemahaman yang mendalam tentang bisnis pelanggan, mulai dari gambaran lengkap tentang riwayat mereka dengan perusahaan. Pengetahuan ini akan membangun hubungan yang kuat yang didasarkan pada kepercayaan dan kesuksesan bersama. Sistem CRM dapat membantu perusahaan memahami berbagai macam proses seperti memahami semua tantangan pelanggan, meningkatkan relevansi produk yang sesuai dengan pelanggan dan juga untuk membangun phubungan jangka panjang dari proses yang positif.

3. Mengurangi biaya yang digunakan pada proses penjualan

Pelanggan baru adalah unsur utama dari pertumbuhan berkelanjutan, tetapi untuk mencapai hal ini tidak mudah bahkan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk satu pelanggan yang didapat. Beruntungnya, Anda dapat memenuhi ROI jika dapat mengimbangi biaya akuisisi pelanggan baru melalui penjualan ke basis pelanggan Anda yang ada. Dapatkan visibilitas yang lebih besar tentang peluang up-selling, cross-selling dan pembaruan dalam portofolio pelanggan Anda. Anda juga akan melihat peningkatan dalam penjualan yang berulang melalui retensi pembelian yang dilakukan oleh pelanggan di mana hal ini didapat dari meningkatkan kepercayaan yang telah Anda peroleh dari pelanggan yang Anda miliki.

4. Meningkatkan produktivitas seluruh tim

Mengadopsi teknologi yang tepat membebaskan tim Anda dari tugas-tugas yang prosesnya berat dan memberi mereka lebih banyak waktu untuk terhubung dengan pelanggan. Operasinal dengan cara manual seperti mencari informasi kontak atau memasukkan data yang dulu dilakukan secara manual kini sudah dapat diotomatiskan atau dihilangkan dari proses yang berhubungan dengan pelanggan. Otomatisasi di seluruh sales, customer support dan pemasaran akan membebaskan tim Anda dari hal-hal yang menghabiskan banyak waktu. Sehingga mereka dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbicara dengan calon pelanggan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, sehingga hal ini dapat terus menggerakkan roda penjualan bisnis Anda meskipun sedang berada pada kondisi yang tidak baik seperti saat terjadi wabah seperti COVID-19 ini.

5. Menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik

Meskipun Anda menawarkan produk terbaik tidak akan bisa menarik pelanggan jika Anda tidak mengimbanginya dengan bagusnya layanan yang menyertainya baik sebelum maupun sesudah penjualan terjadi. Ketika seluruh tim Anda memiliki akses langsung ke riwayat lengkap pelanggan, semua orang dapat dengan cepat memberikan pesan dan solusi yang dapat dipersonalisasi dengan sumber daya yang tepat. Interaksi yang lebih lancar membangun kepercayaan dan mendorong bisnis yang lebih baik karena pelanggan merasa puas dengan apa yang Anda tawarkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com