Return to site

CRM Mendukung Upaya Pemasaran Dan Personalisasi Pesan

Pemasaran adalah masalah kelangsungan hidup. Tanpa pemasaran, arus prospek baru Anda akan semakin menurun, kejadian ini akan menempatkan seluruh inti bisnis Anda dalam bahaya. Karena Anda harus memasarkan, sebaiknya melakukannya dengan lebih cerdas. Pesan dalam pemasaran untuk merek Anda sangat penting, maka dari itu Anda harus melakukannya dengan benar. Apa pun pendekatan yang dilakukan organisasi Anda terhadap pemasaran, CRM dapat meringankan beban dan meningkatkan kesuksesan Anda secara signifikan.

CRM memberi Anda kemampuan yang hampir tidak terbatas untuk mengsegmentasikan daftar kontak Anda sehingga Anda dapat mengirim pesan dan penawaran yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Misalnya, dengan menandai prospek yang ada pada CRM, Anda dapat memantau mereka yang telah mengidentifikasi titik masalah tertentu dan mengirim ebook gratis yang membantu mengatasi masalah mereka, sementara pada saat yang sama Anda juga dapat membuat penawaran cross-selling kepada pelanggan Anda yang telah membeli produk tertentu.

Tanpa CRM, banyak bisnis kecil tidak dapat mengelompokkan daftar pelanggan mereka. Mereka sering mengirim penawaran yang tidak terorganisir dan tidak tersegmentasi dengan baik. Yang berarti bahwa prospek dan pelanggan semua mendapatkan e-book atau penawaran yang sama, meskipun itu tidak relevan. Ini menimbulkan risiko bahwa orang-orang dalam daftar Anda menganggap upaya pemasaran Anda sebagai gangguan impersonal atau bahkan lebih buruk lagi.

Tanpa CRM, perusahaan dapat mereka mengirim email ke prospek untuk mendapatkan diskon promosi sebagai bagian dari dorongan penjualan akhir bulan. Sayangnya, mereka tidak memiliki pegangan yang kuat di daftar kontak mereka, dan secara tidak sengaja memasukkan daftar kontak yang baru saja melakukan pembelian dengan harga tanpa diskon. Hal ini tentu akan membuat pelanggan yang baru saja melakukan pembelian merasa bahwa dirinya telah membeli produk di waktu yang salah. Atau bisa saja mereka meminta diskon untuk pembelian mereka selanjutnya.

CRM dapat membawa wawasan pemasaran Anda ke tingkat berikutnya melalui laporan yang lebih kuat. Karena CRM dapat memantau berbagai detail daftar kontak pelanggan dan prospek Anda, hal ini juga dapat membantu Anda memahami data pelanggan tersebut. CRM yang baik akan memberikan laporan tentang interaksi, preferensi, kampanye, pembelian, dan banyak lagi. Semakin Anda memahami tentang interaksi Anda dengan planggan dan prospek Anda, semakin mudah untuk mengembangkan kampanye tindak lanjut yang ditargetkan, membagi daftar Anda menjadi segmen yang lebih tajam, atau menjalankan tes terpisah (juga dikenal sebagai A/B testing) untuk mengasah upaya dalam memasarkan dan menyampaikan pesan terbaik dalam menjangkau prospek dan pelanggan-pelanggan yang Anda miliki..

Ilustrasi (c) Unsplash.com