Return to site

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Sales

Menghilangkan penghambat penjualan

· Tips Sales,Leadership

Tim sales Anda tidak dapat bekerja produktif? Sepertinya ada yang salah dengan cara Anda dalam membimbing tim. Atau, ada bagian dari proses yang menghambat tim sales untuk bisa bekerja dengan produktif. Hal-hal semacam ini merupakan introspeksi sales leader dan manajemen perusahaan untuk segera mengambil langkah yang mendukung produktivitas tim. Jika tidak, jangan hanya menyalahkan tim sales ketika mereka gagal mencapai target atau bahkan sulit untuk mencapai penjualan. Guna memperbaiki kinerja tim sales agar dapat bekerja lebih produktif, berikut adalah beberapa tips untuk Anda!

1. Otomatisasi proses yang berulang

Mengisi formulir pendaftaran pelanggan, membuat penawaran dan lain sebagainya merupakan proses administrasi yang berulang dan menghabiskan banyak waktu tim sales. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membuat program yang dapat mengimpor data secara otomatis, sehingga tim tidak perlu lagi mengetik atau menulis secara manual. Contoh, nama, alamat, nama perusahaan dan lain sebagainya merupakan data pasti dari prospek yang seharusnya data-data ini dapat di impor secara otomatis dengan suatu sistem.

2. Menggabungkan tugas yang relevan untuk efisiensi

Dalam suatu pekerjaan tidak semua memiliki perbedaan. Ada bagian-bagian dari tugas tim sales yang dapat digabungkan dalam satu tugas agar lebih efisien. Contoh, perusahaan perlu membuat sistem zonasi bagi tim sales yang akan melakukan panggilan dan meeting. Sehingga ketika membuat suatu jadwal, tim sales tidak perlu loncat sana sini saat bertugas di lapangan.

3. Tidak perlu meeting internal yang berlebihan

Anda sudah tahu tim tidak produktif, tetapi Anda justru meminta tim sales untuk meeting setiap 2 hari sekali. Apakah menurut Anda dengan meeting seperti ini akan meningkatkan produktivitas tim sales? Tidak! Atau Anda membuat meeting satu pekan sekali tapi dalam satu kali meeting menghabiskan waktu 2 jam. Apakah menurut Anda ini adalah solusi untuk mengatasi masalah produktivitas tim Anda? Tidak juga! Yang benar adalah lakukan meeting jika memang sudah sangat darurat. Saat menjalani meeting pun, Anda hanya perlu membuat meeting yang singkat untuk menjelaskan poin-poin penting yang memberikan solusi bukan hanya menanyakan “mengapa tidak bisa menjual?”.

4. Satukan kekuatan tim sales dan tim marketing

Saat tidak produktif, itu artinya ada yang salah dari tim sales dan tim marketing saat bekerja. Misal, tim marketing tidak berhasil membawa lead yang berkualitas. Sehingga penjualan menjadi sangat sulit untuk dicapai. Akhiri masalah ini, mulailah untuk memperkuat kekuatan tim sales dan tim marketing untuk mencapai penjualan dengan saling mengisi satu sama lain dan memperkuat kerjasama seperti bertukar ide dan juga bertukar data pelanggan/prospek serta data penjualan untuk keperluan personalisasi marketing.

5. Menyediakan tools yang dapat memudahkan tim dalam bekerja

Email management, task scheduler, meeting scheduler, quote generator dan tools-tools lainnya yang dapat memudahkan tim dalam bekerja perlu Anda sediakan agar tim dapat bekerja lebih cepat. Alat-alat seperti ini akan membantu tim Anda untuk meningkatkan produktivitas tim sales. Terlebih lagi jika Anda menggunakan software atau tools yang dapat menyimpan data-data tersebut secara terpusat dalam satu layar seperti CRM. Tim Anda akan memiliki akses yang lebih mudah untuk menggali informasi, follow up prospek atau bahkan untuk closing.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas tim sales yang dapat kami berikan. Jika Anda penasaran dengan kontribusi CRM untuk meningkatkan produktivitas tim, Anda dapat mencoba CRM kami secara gratis (trial version) dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly