Return to site

5 Cara Untuk Meningkatkan Bisnis Bukan Hanya Sebatas Bertahan

· Tips Sales,Tips Bisnis

Selama beberapa tahun pertama dalam perjalanan bisnis, sebagian besar perusahaan berfokus pada kelangsungan hidup. Namun, memprioritaskan pertumbuhan bisnis Anda adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peluang bahwa perusahaan Anda tidak hanya akan bertahan tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan ekonomi dan masa depan keuangan yang stabil. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya menjadi bisnis yang benar-benar dapat menghasilkan pendapatan yang Anda impikan? Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis bukan hanya bertahan di tengah persaingan

1. Dapatkan Kembali Pelanggan yang Ada

Mendapatkan pelanggan baru bukanlah satu-satunya cara untuk mengembangkan bisnis Anda. Sering kali, pelanggan yang sudah Anda miliki adalah aset terbaik untuk meningkatkan penjualan Anda, dan penelitian menemukan bahwa meningkatkan retensi pelanggan juga meningkatkan nilai perusahaan. Pelanggan yang telah membeli dari Anda sekali, akan lebih cenderung untuk melakukannya lagi, terutama jika mereka memiliki pengalaman layanan pelanggan yang positif. Kumpulkan informasi kontak dan preferensi belanja pelanggan. Kemudian, gunakan informasi tersebut untuk menyiapkan sistem pemasaran yang akan mengubahnya menjadi pelanggan tetap. Sistem CRM akan memudahkan Anda untuk menemukan data-data pelanggan yang sudah melakukan pembelian sebelumnya. Apabila Anda mengimplementasikan sistem CRM, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk menciptakan strategi yang baik bagi bisnis Anda.

2. Mintalah Referensi

Tentu saja, menarik pelanggan baru ke bisnis Anda bukanlah pendekatan yang buruk. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan meminta referensi kepada pelanggan Anda saat ini. Pelanggan tersebut sudah menjadi target pasar Anda, yang berarti bahwa orang-orang di lingkungan sosial atau pekerjaan mereka kemungkinan besar juga akan menjadi target pasar Anda. Ini menjadikan mereka titik akses yang kuat ke pelanggan baru.

3. Biaya yang Anda keluarkan

Meningkatkan laba Anda adalah kunci untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda memperluas pangsa pasar, tetapi terus meningkatkan biaya, Anda tidak akan benar-benar memiliki uang tersisa untuk diinvestasikan dalam bisnis Anda atau menghasilkan keuntungan. Jadi, saat Anda mencari cara untuk berkembang, perhatikan baik-baik biaya yang terkait dengan menjalankan bisnis Anda serta biaya untuk memproduksi/mengadakan produk atau layanan Anda kepada pelanggan. Menurunkan biaya ini dapat menjadi cara yang efektif untuk memberikan arus kas yang dibutuhkan bisnis Anda untuk tumbuh dan stabil. Atau, jika memang mengurangi biaya tidak memungkinkan, pastikan Anda siap untuk menaikkan harga produk kepada pelanggan demi mempertahankan kualitas dan kepuasan pelanggan, bukan semata-mata untuk keuntungan Anda namun tidak memperhatikan kepuasan dan kualitas layanan dan produk.

4. Perluas Jangkauan Pasar Anda

Ada beberapa cara untuk mengembangkan bisnis Anda dengan membuat produk atau layanan Anda tersedia untuk sekelompok pelanggan baru. Diantaranya adalah dengan membuka cabang baru, menargetkan pelanggan dengan memanfaatkan demografi dan menjangkau target dengan personalisasi melalui marketing. Semua ini akan lebih mudah untuk Anda implementasikan dengan sistem CRM yang dilengkapi dengan fitur-fitur lead scoring, analytics dan demography.

5. Berpartisipasi dalam Pameran/Eksebisi

Mengikuti pameran dagang/eksebisi dapat membantu Anda mengembangkan bisnis dan menjadikan diri Anda sebagai pemimpin dalam industri lokal Anda. Pameran dagang menarik orang-orang yang sudah tertarik dengan jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ini memberi Anda peluang untuk memasarkan secara langsung ke sekelompok besar orang yang dijamin menjadi target Anda. Pameran dagang juga memberi Anda keuntungan interaksi secara langsung, yang meningkatkan kemampuan Anda untuk terhubung dan mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com