Return to site

5 Cara Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan sama dengan keuntungan!

· Tips Sales

Semakin banyak pelanggan loyal yang Anda miliki, itu artinya Anda telah berhasil untuk menjaga uang Anda mengalir secara terus menerus. Karena, pelanggan yang loyal akan lebih banyak mengeluarkan uang mereka untuk menggunakan produk Anda dibandingkan mereka yang hanya melakukan pembelian sesekali. Contoh sederhana, pelanggan loyal suatu restoran, akan selalu menyempatkan diri untuk berkunjung di tengah kesibukannya. Ini tentu berbeda dengan pelanggan yang tidak loyal, yang mana mereka tidak akan memaksakan diri untuk berkunjung ke restoran yang bukan favoritnya. Itulah mengapa perusahaan dan tim sales harus memikirkan betapa pentingnya retensi atau pembelian ulang dari pelanggan-pelanggannya dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggan.

Tapi, bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan pelanggan yang loyal? Berikut adalah cara yang dapat Anda tempuh untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

1. Memprioritaskan layanan pelanggan dengan lebih baik

Penilaian pertama terhadap perusahaan berawal dari pengalaman pelanggan saat melakukan pembelian pertama kali. Ketika perusahaan berhasil memberikan pelayanan yang baik ketika pelanggan komplain, saat itu pula pelanggan akan menilai bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan yang memperhatikan pelanggan-pelanggannya. Oleh karena itu, jadikan pelayanan pada pelanggan sebagai prioritas perusahaan. Ketika semua pelanggan mendapatkan pelayanan yang prima, tentu pelanggan pun akan menjaga loyalitasnya untuk selalu menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan.

2. Menawarkan program loyalitas

Tingkatkan program-program yang dapat menarik loyalitas pelanggan. Secara umum, program ini dilakukan untuk membawa minat pelanggan yang kurang loyal menjadi loyal. Sedangkan bagi yang loyal, program seperti ini akan membawa pelanggan untuk merelakan diri untuk menambah pembelian. Dengan program yang menarik, program ini akan sangat efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

3. Meminta saran, siap untuk mendengarkan dan berani bertindak

Pelanggan adalah bagian penting perusahaan yang dapat menemukan celah atau kekurangan perusahaan, produk maupun layanan. Oleh karena itu, Mintalah saran dari pelanggan-pelanggan Anda agar Anda dapat mengetahui apa saja kekurangan dari perusahaan Anda.

Mendengarkan pelanggan dengan baik ketika mereka memberikan saran atau masukan. Jadikan kritikan positif sebagai motivasi bukan untuk dihindari. Jangan hanya bertanya dan mendengar, Anda juga harus berani mengambil suatu tindakan apabila ada saran/masukan positif dari pelanggan-pelanggan yang Anda miliki dan berpotensi memperbaiki perusahaan menjadi lebih baik. Tindakan yang Anda ambil inilah nantinya yang akan membuat pelanggan merasa senang dan puas bekerja sama dengan Anda. Ketika pelanggan puas, sudah pasti pelanggan akan lebih loyal kepada Anda.

4. Memberikan kemudahan pada pelanggan

Buat pelanggan Anda lebih mudah untuk menjangkau Anda dalam mendapatkan informasi maupun saat akan menghubungi untuk kepentingan lainnya. Ini perlu dilakukan agar pelanggan tetap senang untuk kembali pada Anda. Pertimbangkan hal-hal yang dapat Anda pangkas agar pelanggan lebih suka melakukan transaksi secara berulang.

5. Jangan hanya mengharapkan uang pelanggan

Anda menjalankan bisnis dan menjual produk/jasa kepada pelanggan. Tetapi, bukan berarti Anda harus memeras uang pelanggan dengan selalu menanyakan kapan akan melakukan pembelian ulang atau sengaja mengirimkan penawaran-penawaran kepada pelanggan di saat pelanggan sedang tidak membutuhkan. Pelanggan adalah mitra, bukan mesin ATM yang dapat Anda ambil uangnya kapan pun sesuai keinginan Anda.

Kesimpulan:

Loyalitas pelanggan akan Anda dapatkan apabila Anda mengutamakan pelayanan yang baik. Semakin baik layanan yang Anda berikan kepada pelanggan, maka pelanggan akan memberikan hal positif pula kepada Anda seperti pembelian ulang maupun dengan merekomendasikan perusahaan/produk yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda juga telah berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga berhasil mencapai penjualan baru dari pelanggan bawaan pelanggan lama Anda.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah siap untuk mengubah citra perusahaan dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Thebluediamondgallery.com