Return to site

Manfaat Implementasi CRM Untuk Instansi Pemerintahan

CRM untuk kemudahan pemerintah menangani masalah masyarakat

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Sistem CRM yang digunakan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, tentu memiliki peran yang berbeda jika diimplementasikan untuk pemerintahan. Karena, perbedaan fungsi inilah, para pelaku bisnis dan juga pejabat pemerintahan harus paham bahwa untuk mengadopsi CRM haruslah yang sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk kalangan pemerintahan, CRM ditujukan untuk menjaga hubungan antara pemerintah dengan warga. Di mana, masalah yang dihadapi lebih kompleks dibandingkan dengan masalah penjualan, CRM untuk pemerintah dihadirkan untuk memfasilitasi penguatan hubungan institusi pemerintah dengan pelanggan yang memungkinkan pejabat pemerintah dapat memberikan layanan yang lebih efisien dan dapat menemukan masalah utama yang dihadapi oleh masyarakat saat ini.

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari implementasi aplikasi CRM untuk pemerintah:

1. Produktivitas seluruh instansi

CRM merupakan aplikasi yang dapat diakses secara terbuka oleh semua pejabat pemerintah yang berada dalam satu departemen. Tak hanya itu saja, untuk kategori masalah tertentu, CRM dapat memberikan data kepada pejabat/pegawai pemerintah yang berada di instansi berbeda. Kemudahan akses seperti ini membuat kinerja pemerintah jauh lebih efisien. Data yang dapat diperbarui secara real-time, tanpa harus menunggu pembaruan dari pihak lain mempercepat proses penanganan masalah yang dihadapi oleh masyarakat/warga.

2. Komunikasi internal dan antar lembaga menjadi lebih terarah

Sering kali Anda menghadapi masalah dimana antara lembaga A dan lembaga B dalam pemerintahan mengalami perbedaan data. Hal ini pun membuat instansi saling menyalahkan karena merasa tidak melakukan kesalahan. Hasil ini akan berbeda ketika pemerintah mengadopsi CRM. Semua pembaruan yang dilakukan oleh pejabat/pegawai akan terekam dalam sistem. Artinya, orang tersebut bertanggung jawab atas data yang telah diperbarui dan tidak bisa lagi menyalahkan pihak lain atas kesalahan yang terjadi.

3. Meningkatkan reputasi dihadapan masyarakat

Penanganan yang lebih cepat dan kemudahan masyarakat dalam menghubungi instansi pemerintah dapat meningkatkan reputasi instansi tersebut di hadapan masyarakat.

4. Menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah

Implementasi CRM secara tidak langsung dapat menghemat pengeluaran pemerintah. Memang, ada kalanya penghematan tidaklah besar. Bagaimana pun juga, penghematan yang terjadi walaupun dalam jumlah yang tidak begitu besar tetap memberi pengaruh yang sangat besar untuk menjaga uang rakyat maupun uang dari hasil pinjaman luar negeri yang dikelola oleh pemerintah.

Ingin mempelajari lebih lanjut mengenai implementasi sistem CRM untuk pemerintah? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Email Anda akan kami respon maksimal 2x24 jam. Anda juga dapat mengirimkan pesan kepada kami melalui halaman contact us.

Ilustrasi (c) Wikimedia Commons