Return to site

AI dan Manfaatnya Untuk Penjualan/Sales

Sales tak perlu takut dengan kehadiran AI!

· Tips Sales

Kehadiran Artificial Intelligence (AI) masih menjadi pro dan kontra jika dilihat dari sisi berbeda. Namun, Untuk kepentingan bisnis dan penjualan, AI merupakan salah satu teknologi yang sangat diperlukan oleh perusahaan maupun bagi tim sales. Karena, teknologi AI ini memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk keberhasilan penjualan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari AI untuk salesperson:

1. Meningkatkan rata-rata closing

Dengan kemampuan pengolahan data yang lebih baik, AI dapat menghasilkan prediksi penjualan yang lebih mumpuni jika dibandingkan dengan salesperson yang belum memiliki kemampuan untuk menganalisa data. Terlebih lagi ketika data yang harus dianalisa merupakan kumpulan data yang sangat kompleks, teknologi AI akan mempercepat tim sales dalam mengambil keputusan.

2. Membantu tim sales untuk meningkatkan customer lifetime value

Pelanggan-pelanggan lama yang Anda miliki saat ini jauh lebih berharga dibandingkan dengan pelanggan baru yang Anda dapatkan. Karena, loyalitas pelanggan lama dapat meningkatkan penjualan hingga berkali-kali lipat dibandingkan pelanggan baru yang Anda miliki saat ini. Dengan bantuan AI, Anda dapat memilih pelanggan yang perlu diprioritaskan untuk menjaga kepuasan dan kerjasama jangka panjang dengan perusahaan.

3. Meningkatkan retensi pembelian pelanggan lama dan baru

Pengembangan AI saat ini sedang diarahkan untuk meningkatkan layanan pelanggan dari perusahaan. Selain untuk meningkatkan layanan juga untuk menambah pengalaman yang lebih baik dari pelanggan-pelanggannya. Salah satu fungsi AI yang sudah mulai diterapkan untuk meningkatkan pengalaman pelayanan terhadap pelanggan, perusahaan menciptakan chatbot untuk berbagai keperluan seperti untuk mengambil nomor antrean, menjawab pertanyaan umum (FAQ) dan lain sebagainya. Kemudahan-kemudahan seperti ini pun dapat berimbas pada retensi pembelian dari pelanggan lama maupun pelanggan baru yang dimiliki perusahaan.

4. Lead scoring yang lebih baik

Tak hanya membantu dalam penjualan, AI juga dapat membantu tim sales untuk menentukan lead-lead yang mereka dapatkan. Jika penilaian terhadap lead dilakukan secara manual tanpa analisa data, tentu hasilnya kurang maksimal atau bahkan cenderung meleset. Namun dengan dukungan AI serta kecerdikan tim sales dalam memilih prospek, lead scoring akan jauh lebih akurat.

Apakah Anda masih phobia terhadap kehadiran AI yang sebenarnya meringankan pekerjaan Anda? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com