Return to site

5 Cara Untuk Meningkatkan Motivasi Penjualan

Memotivasi diri untuk mencapai target penjualan

· Tips Sales

Disaat Anda sudah bekerja keras dan merasa apa yang dikerjakan masih belum mendapatkan hasil yang baik, tentu Anda akan merasa pekerjaan tersebut menjadi sia-sia. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin mencapai target penjualan lebih baik dibandingkan periode sebelumnya, ini akan menjadi tantangan dan masalah serius yang harus dihadapi. Untuk membawa pekerjaan Anda ke arah yang diinginkan, diperlukan langkah-langkah dari seorang sales untuk menetapkan beberapa peraturan dasar dan mengikutinya secara konsisten. Motivasi, itulah langkah yang harus dijadikan dasar ketika salesperson menghadapi tantangan dan masalah besar dalam penjualan.

 

Menjaga motivasi bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, tak banyak yang mampu menjaga motivasi mereka saat gagal. Ketika motivasi Anda mulai menurun, ikutilah beberapa tips berikut ini agar Anda tidak kehilangan motivasi dalam diri Anda.

 

1. Menetapkan tujuan yang lebih tinggi

Tetapkan misi dan visi dari diri sendiri tentang bagaimana untuk membuat perencanaan agar dapat mencapai tujuan perusahaan serta tujuan diri sendiri. Bila Anda fokus pada tujuan yang lebih tinggi, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencapai target yang lebih kecil. Sebagai contoh, jika perusahaan memberikan target penjualan untuk 10 perusahaan, Anda dapat membuat target pribadi 2x lipat dari target perusahaan sebagai target pribadi Anda. Ikuti target Anda, maka target perusahaan bisa Anda capai tanpa merugikan diri Anda sendiri.

 

2. Motivasi dengan rasa emosional

Passion merupakan salah satu emosi positif yang ada pada diri salesperson. Anda harus bisa menyalakan, merasakan dan menggunakannya sebagai pendorong motivasi Anda. Dengan passion yang kuat sesulit apapun pekerjaan yang dikerjakan akan terasa lebih menyenangkan. Sehingga motivasi dari dalam diri pun tetap terjaga dengan baik.

 

3. Bekerja keras dan bekerja cerdas

Kerja keras biasanya membawa kita pada hasil yang maksimal, tetapi seringkali kerja keras tidak mendapat dukungan dari hati. Agar motivasi Anda tetap terjaga, jangan hanya bekerja keras, namun lakukan dengan cara yang lebih cerdas seperti dengan memanfaatkan teknologi dalam penjualan yang bisa membantu Anda bekerja lebih efisien.

 

4. Rayakan keberhasilan

Jangan mencari pujian dari orang lain jika Anda tidak bisa memuji diri Anda sendiri. Rayakan kesuksesan yang Anda dapatkan, karena itu layak Anda lakukan. Ucapkan selamat pada diri sendiri atas semua usaha yang telah dilakukan, tapi jangan pernah mencari pujian dari orang lain karena itu akan membawa Anda pada kesombongan yang dapat merusak motivasi diri Anda.

 

5. Menjaga momentum

Motivasi dalam penjualan tidak lepas dari momentum, ketika Anda merasa sudah dekat dengan penjualan, jaga momentum tersebut. Jika ada hal-hal yang tidak sesuai dan mulai membawa diri Anda semakin menjauh dari momentum tersebut, luangkan waktu dan pikirkan cara terbaik untuk kembali.

 

Ketika Anda berhasil menjaga diri Anda untuk mengikuti 5 langkah di atas, Anda dapat meningkatkan level kinerja dan membantu mencapai target walaupun itu sangat sulit untuk bisa dicapai. Karena, motivasi merupakan pengendali dari dalam diri Anda bukan karena orang lain yang memberikan motivasi untuk Anda.

Ilustrasi (c) Pxhere.com