Return to site

5 Cara Untuk Menjadi Leader Yang Men-Support Tim

Bagaimana menjadi leader yang dapat membantu tim

· Leadership

Tim sales yang sukses adalah karena leadernya, sedangkan leader yang hebat adalah yang selalu mendukung timnya untuk mencapai kesuksesan. Leader harus memiliki kualitas yang baik dalam mendukung timnya. Tanpa adanya dukungan leader, jangan berharap memiliki tim sales yang hebat.

Bagi Anda para sales leader yang ingin memiliki tim sales yang hebat, berikut adalah 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi leader yang selalu mendukung tim sales.

1. Minta masukan dari tim

Meminta masukan kepada tim adalah hal utama yang harus dilakukan oleh seorang leader. Semua orang memiliki kelemahan yang tidak dapat dinilai oleh dirinya sendiri. Jangan sungkan untuk meminta masukan kepada tim Anda kapanpun jika memang diperlukan. Terkadang, masukan dari tim lebih baik daripada apa yang Anda pikirkan.

2. Memberi masukan kepada tim

Jika Anda melihat tim melakukan kesalahan, jangan hanya suka menyalahkan kinerja mereka. Bimbinglah mereka dengan memberikan masukan positif untuk meningkatkan kinerja mereka. Sikap positif yang Anda contohkan tentu akan mendapatkan hasil positif dari tim Anda. Tim sales juga membutuhkan bimbingan untuk bisa meningkatkan kinerjanya, jika Anda hanya bisa memarahi tim tetapi tidak memberikan masukan, kapan tim Anda akan bekerja dengan baik?

3. Mendengarkan tim Anda

Sepintas, mendengarkan dan meminta masukan dari tim terlihat mirip. Tetapi, ada perbedaan yang signifikan dalam mengartikan kata mendengarkan dan meminta masukan yang merupakan sama-sama mendengar. Mendengarkan disini adalah mendengarkan keluhan tim Anda selama melakukan penjualan. Seperti permasalahan persaingan, srategi penjualan dan lain sebagainya.

4. Jangan terlalu sering melakukan meeting

Meeting dengan tim memang perlu, tetapi jika dilakukan terlalu sering juga tidak baik untuk produktivitas tim dan penjualan. Anda dapat berkomunikasi dengan cara lain yang lebih friendly dengan tim Anda untuk menyampaikan masukan. Seperti membuat grup email atau grup chat untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan tim Anda.

5. Jangan hanya melipat tangan

Yang terakhir dan yang terpenting untuk menjadi seorang sales leader adalah ikut bekerja untuk membantu tim saat mengalami kesulitan. Anda menjabat seorang sales leader tentu memiliki skill yang lebih baik dibanding tim sales. Oleh karena itu, ketika tim mengalami kesulitan, katakan kepada mereka untuk mengambil alih pekerjaannya. Biarkan tim Anda mengerjakan pekerjaan lain untuk mempercepat proses penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com