Return to site

Strategi Menjalin Hubungan Yang Sukses Dengan Pelanggan

Kombinasi CRM dan tindakan sales dalam menjaga hubungan

· CRM,sales

Sebelum kami menjelaskan lebih jauh, kami ingin mengingatkan kepada Anda bahwa CRM adalah alat untuk membantu Anda membangun hubungan dengan pelanggan. Kesuksesan hubungan Anda dengan pelanggan pun bergantung pada aksi atau tindakan Anda di lapangan. Tidak mungkin hanya menggunakan CRM hubungan Anda dengan pelanggan akan otomatis baik dan sukses.

Untuk itu, kami akan memberikan strategi untuk menjalin hubungan yang sukses dengan pelanggan untuk memaksimalkan data pada software CRM yang Anda gunakan.

1. Ketahui batas-batas Anda

Prospek/pelanggan sangat memahami betul tentang produk yang ingin mereka pilih yang sesuai dengan kebutuhannya. Jangan mendikte prospek/pelanggan seakan-akan mereka tidak tahu apa-apa tentang produk yang akan mereka pilih. Tugas Anda hanyalah menambahkan apa yang tidak diketahui oleh pelanggan sebagai daya tarik tersendiri dari produk/layanan Anda.

2. Pilih pelanggan yang tepat

Ingat, tidak semua pelanggan dapat diajak menjalin hubungan dengan baik. Meskipun Anda mendapatkan pelanggan yang kurang menyenangkan, Anda harus tetap bersikap baik kepada mereka. Pilihlah pelanggan-pelanggan yang tepat untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda. Sebagai tambahan, jangan terlalu menghindar dari pelanggan yang tidak memiliki sikap baik kepada Anda. Karena, pelanggan tersebut juga tanggung jawab Anda. Tetap berikan yang terbaik, meskipun Anda tidak memiliki hubungan yang baik. Tetapi, jika Anda merasa mampu memperbaiki hubungan dengan pelanggan tersebut, itu adalah nilai lebih dari Anda.

3. Mendengarkan apa yang dikatakan oleh pelanggan dan memahami maksud dari apa yang dikatakan

Mendengarkan saja tidak cukup, Anda juga harus memahami apa yang dimaksudkan oleh pelanggan untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda. Semua orang bisa mendengarkan, tetapi tidak semua bisa memahami maksud dari orang yang berbicara. Contohnya, seorang anak berusia 3 tahun mampu mendengar orang tuanya berbicara, tetapi tidak semua apa yang dikatakan oleh orang tuanya dapat dipahami.

 

Tetapi, dalam sales bukanlah hubungan antara orang tua dan anak yang perlu belajar atau mengajari. Ketika Anda tidak mendengarkan pelanggan, sudah pasti mereka akan memilih perusahaan/sales lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Nah itulah kunci sukses menjalankan hubungan dengan pelanggan. Mengkombinasikan tindakan dan software CRM dalam menjaga hubungan akan menjadi strategi sales yang berkualitas untuk meningkatkan penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Pixabay.com