Return to site

Pentingnya Aplikasi CRM Untuk Sektor Perbankan Di Indonesia

Implementasi CRM untuk perbankan

· CRM Di Indonesia,CRM

Mengimplementasikan Customer Relationship Management (CRM) untuk bisnis khususnya perbankan itu sama pentingnya dengan industri perbankan untuk para nasabahnya. Teknologi yang mengambil alih peran CRM tradisional dalam sebuah software atau aplikasi CRM semakin memudahkan bank dalam mengelola data nasabahnya.

 

Banyak bank yang telah menggunakan software CRM untuk menjalankan bisnis mereka di Indonesia untuk mendapatkan lebih banyak nasabah serta memperbaiki hubungan dengan nasabah terutama untuk nasabah prioritas.

 

Layanan nasabah dan retensi

Persaingan dan regulasi yang semakin ketat membuat bank di Indonesia sulit untuk menunjukkan kekuatannya di pasar. Namun, implementasi aplikasi CRM untuk bank di Indonesia memberi akses kepada perbankan untuk lebih proaktif lagi terhadap teknologi yang dapat memudahkan perusahaan dalam memperbaiki retensi nasabah dengan menggunakan feedback nasabah. Bank juga dapat menjadikan aplikasi CRM sebagai alat untuk meningkatkan loyalitas nasabah dengan mengumpulkan data melalui proses pendaftaran, transaksi dan feedback.

 

Customer service

Customer service bank sangat membutuhkan aplikasi CRM untuk kemudahan dalam mengenal nasabah yang melakukan panggilan. Selain untuk kemudahan dalam mengenal nasabah, aplikasi CRM juga dapat dimanfaatkan oleh customer service untuk berbagai keperluan.

 

Customer service dapat menggunakan aplikasi CRM sebagai alat untuk melacak panggilan yang telah dilakukan oleh nasabah untuk menemukan solusi dari berbagai masalah yang dihadapi oleh nasabah serta sebagai sarana untuk resolusi penanganan masalah nasabah. Caranya adalah dengan melihat metrik waktu berdasarkan data dalam aplikasi CRM, berapa lama customer service menyelesaikan masalah nasabah, rata-rata waktu yang digunakan, penilaian nasabah terhadap layanan dan lain sebagainya sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas layanan yang mendukung retensi pembelian nasabah.

 

Penjualan

Penjualan akan lebih baik ketika bank mengimplementasikan CRM dengan cara yang benar. Perusahaan dapat mulai memikirkan strategi marketing berbasis data internal yang berkualitas yang tersimpan dalam CRM. Dengan aplikasi CRM, teller maupun staff administrasi yang melayani pendaftaran nasabah baru dapat dengan mudah menawarkan layanan yang tepat untuk mereka. Selain menawarkan layanan, staff juga dapat dengan mudah menjelaskan produk dan manfaatnya untuk nasabah. Cross-selling pun dapat dengan mudah tercapai ketika perusahaan memiliki data yang akurat.

 

Ingin menggunakan CRM berbasis cloud sebagai solusi CRM untuk bank Anda? Silakan hubungi kami melalui email hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK