Return to site

Tips Presentasi: Menjangkau Audiens

Tehnik dalam presentasi yang harus dikuasai oleh presenter.

· Tips Sales,Tips Marketing

Presentasi merupakan salah satu bagian dalam kehidupan sales yang tidak akan pernah terpisah. Apapun yang Anda lakukan seperti training, meeting, penjualan dan lain sebagainya dalam aktivitas sales, Anda pasti akan berhadapan dengan presentasi.

Dalam presentasi, Anda harus mengkombinasikan dua unsur yang sangat vital yakni data yang akurat serta pesan yang tepat. Dengan dua kombinasi tersebut akan menciptakan presentasi bisnis yang sukses untuk mengikat audiens. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti tips-tips berikut ini untuk menjangkau audiens saat presentasi.

1. Kuasai diri Anda sebagai seorang presenter

Sebelum Anda mulai mempresentasikan bisnis, Anda harus menguasai diri terlebih dahulu. Anda harus siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan audiens, meminimalisir kesalahan dan lain sebagainya. Anda harus memiliki strategi yang tepat, baik saat berhadapan dengan audiens serta harus bisa mengatasai kesalahan yang bisa saja terjadi saat Anda mempresentasikan bisnis Anda atau saat presentasi berlangsung.

2. Perhatikan bahasa tubuh Anda

Seorang presenter pasti sangat mudah untuk mengalami nerves atau canggung saat berhadapan dengan audiens yang baru ditemui. Tapi ingat, Anda harus tetap mengontrol pergerakan tubuh, suara maupun penampilan secara umum. Ini untuk menunjukkan keyakinan Anda dalam menawarkan/mempresentasikan produk Anda.

3. Mengikuti situasi yang dihadapi

Setiap presentasi memiliki situasi yang berbeda-beda yang harus bisa dikendalikan oleh seorang presenter. Akan tetapi, ada tiga faktor utama yang tidak akan pernah berbeda yakni pembicara/presenter, pesan yang diberikan/ditangkap dan yang terakhir adalah audiens. Bagi Anda yang menjadi presenter harus bisa menguasai segala situasi dalam presentasi Anda. Karena Anda adalah yang diperhatikan oleh Audiens, tunjukkan kepada mereka kredibilitas Anda dan bisnis yang Anda bawa.

4. Terus berlatih

Untuk menjadi seorang presenter yang baik tidak bisa hanya dilakukan dalam 1, 2 atau 3 kali latihan. Anda harus terus berlatih untuk meningkatkan skill Anda. Belajar dari presenter lain, belajar dari hasil presentasi Anda sendiri. Ada banyak influencer yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan skill Anda. Baik dari hasil membaca tips maupun menonton video di social media. Mulai mempraktikkan satu per satu ilmu yang Anda dapatkan dari influencer akan meningkatkan kapasitas Anda sebagai seorang presenter.

Itulah tips-tips dalam presenter yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas presentasi Anda. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami agar tidak ketinggalan tips sales selanjutnya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com